Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2024 Islandia Vs Portugal 0-1, Ronaldo Sempat Ngamuk Sebelum Full Senyum

Rabu, 21 Juni 2023 07:04 WIB
Pemain Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. (Foto: Instagram/@cristiano)
Pemain Timnas Portugal Cristiano Ronaldo. (Foto: Instagram/@cristiano)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gol telat Cristiano Ronaldo menjadi gol satu-satunya Portugal, saat memastikan kemenangan atas Islandia 0-1 di Kualifikasi Euro 2024 Grup J, Rabu (21/6) dini hari WIB.

Tapi sebelum gol itu tercipta, Ronaldo tampak frustasi dan ngamuk-ngamuk. Hingga dihadiahi kartu kuning oleh wasit menit 83.

Pemain yang digelari Goat ini sebenarnya sudah terlihat emosi sejak babak pertama. Pasalnya, ia  tampak kurang mendapatkan asupan umpan dari lini belakang.

Padahal sepanjang laga, Portugal tampil mendominasi penguasaan bola. Yakni 72 persen berbanding 28 persen bola.

Baca juga : Main Di Kandang, Tiga Singa Ngamuk

Sekalinya dapat umpan di akhir babak pertama, yakni menit ke 43, ia malah terjebak off-side. Emosinya meluap di menit ke 45, saat timnya tak mendapat sepakan pojok setelah bola dibuang oleh bek Islandia ketika berduel dengan Ronaldo.

Semenit kemudian, CR7 kembali ngamuk ke wasit gara-gara Pepe disikut oleh pemain Islandia Alfred Finnbogason. Beruntung, pemain Islandia dihukum kartu kuning, sementara Ronaldo dapat nasihat dari wasit.

Meskipun sudah ngamuk-ngamuk, pemain Al-Nassr itu tetap saja gagal mencetak gol hingga turun minum. 

Di babak kedua, Ronaldo kian frustasi. Lantaran beberapa peluang yang diterimanya gagal dikonversi jadi gol.

Baca juga : Islandia Vs Portugal, Selecao Buru Poin

Seperti menit 49. Sundulannya ke arah gawang malah mengarah di atas mistar. Begitupun di menit 69, sepakannya ke arah gawang juga masih melambung.

Puncaknya di menit ke 86. Saking kesalnya, Ronaldo tampak seperti meremas bola yang digenggamnya dengan wajah meringis. Sebabnya ia mengalami hand ball gara-gara menerima umpan di depan gawang.

Rentetan kemarahan Ronaldo itu, berhasil ditutup dengan happy ending. Setelah ia berhasil mencetak gol di menit 89, berkat sundulan Goncalo Inacio.

Gol itu tercipta setelah barisan pemain Islandia sedikit longgar, usai W. Þ. Willumsson dihukum kartu merah menit ke 80.

Baca juga : Prancis Vs Yunani: Ayam Jantan Ogah Lengser

Namun Portugal sempat harap-harap cemas. Karena gol semata wayang itu diduga turut diwarnai off-side saat Inacio mengirim umpan ke Ronaldo.

Beruntung setelah dicek lewat VAR, gol tersebut dinyatakan sah oleh wasit.

Gol semata wayang ini selain berhasil memastikan Portugal menang atas Islandia juga mengukuhkan negaranya menjadi pemuncak grup J Kualifikasi Euro 2024.

Kemenangan ini terasa sempurna, sebab sebelum laga, Ronaldo juga mendapat piagam penghargaan dari Guinness Book of World Records. Karena ia tercatat sebagai pesepakbola pertama yang tampil 200 kali untuk tim nasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.