Dark/Light Mode

Atlet Gateball DKI Dikxi Raih Tiket PON XXI

Minggu, 25 Juni 2023 21:13 WIB
Atlet tunggal putra gateball DKI Jakarta Alexander Dikxi (berkaos putih) meraih tiket ke Pekan Olahraga Nasional PON XXI/Aceh-Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)
Atlet tunggal putra gateball DKI Jakarta Alexander Dikxi (berkaos putih) meraih tiket ke Pekan Olahraga Nasional PON XXI/Aceh-Sumatera Utara. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Atlet tunggal putra gateball DKI Jakarta Alexander Dikxi meraih tiket ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/Aceh-Sumatera Utara. Tiket tersebut diperoleh setelah di babak kualifikasi PON, di Lapangan ITSB Sinarmas Land, BSD Tangerang, Banten, Minggu (25/6), Dikxi menempati peringkat 4.

Peringkat 1 atau medali emas nomor tunggal putra diraih atlet Lampung, perak jatuh ke tangan atlet Sumatera Barat, dan perunggu diraih atlet Sulawesi Tengah.

Dikxi menjadi satu-satunya wakil DKI Jakarta yang lolos ke PON dengan peringkat 4 terbaik. Di nomor lainnya, atlet DKI Jakarta hanya sampai di babak delapan besar atau perempat final.

Baca juga : Petakan Cabor, KONI DKI Optimis Raih 207 Emas di PON 2024

Sesuai regulasi babak kualifikasi PON cabor gateball, ditentukan hanya atlet yang menempati peringkat 1-6 yang lolos ke PON. Guna melengkapi delapan peserta di PON XXI/2024 nanti, tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara mendapatkan satu tiket wildcard pada setiap nomor pertandingan.

Jauh hari sebelum babak kualifikasi PON berlangsung, Pengprov Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) DKI Jakarta menarget atletnya lolos sebanyak mungkin ke PON, untuk mencapai target dua medali emas yang dijanjikan kepada kontingen DKI Jakarta.

Kedua nomor yang diandalkan adalah sektor tunggal putra dan tunggal putri. Dalam pelaksanaan, satu atlet andalan DKI Jakarta Wulan Gestafanja Wokas didiskualifikasi panitia dengan alasan tidak ada surat pindah Wulan dari Sulawesi Utara ke DKI Jakarta. Padahal Wulan yang berstatus mahasiswi Akornas sudah tercatat sebagai atlet Pelatda Gateball DKI Jakarta sejak Juni 2022, dan memiliki KTP DKI tertanggal 2 Agustus 2022.

Baca juga : Besok,150 Atlet Gateball DKI Bakal Bertarung Di Kejurprov Pusbekangad

“Dengan adanya kasus ini, peluang DKI untuk meloloskan dua atlet potensial ke PON jadi hilang satu. Padahal Wulan sudah sempat menjalani laga pertama dan menang atas wakil Yogyakarta di babak penyisihan grup,” kata Pelatih Kepala Gateball DKI Jakarta Sholehuddin, di BSD, Minggu (25/6).

Sholeh menjelaskan, pihaknya sudah bersurat kepada Pergatsi Sulut tertanggal 26 Juli 2022 perihal mutasi atlet dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Wulan menempuh Pendidikan di Akornas, dan ber-KTP DKI Jakarta dengan alamat di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, sesuai KTP.

Atas dasar tersebut, surat Pergatsi DKI dijawab Pergatsi Sulut bernomor 18/Pergatsi/SU/VIII/2022 tertanggal 6 Agustus 2022 dengan isi permohonan itu disetujui Pergatsi Sulut dari hasil rapat pada 6 Agustus 2022. Surat tersebut ditandatangani Ketua Umum Pergatsi Sulut Sutopo dan Sekretaris Umum Jefri Massie.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.