Dark/Light Mode

Kualifikasi Gateball Sukses Saring 21 Provinsi Untuk Berlaga Di PON XXI

Minggu, 25 Juni 2023 23:23 WIB
Para atlet gateball yang lolos ke PON XXI (Foto: Istimewa)
Para atlet gateball yang lolos ke PON XXI (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima hari perhelatan nasional babak kualifikasi cabor gateball telah ditutup Minggu sore (25/6), di BSD, Tangerang. Penutupan dilakukan Ketua Harian Pengurus Besar Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (PB Pergatsi) Khalawi Abdul Hamid. 

Ratusan atlet yang masih bertahan di tempat acara berlangsung, merayakan dengan menari medley nusantara bersama-sama melambangkan kekompakan dan kekeluargaan yang menjadi ciri olahraga asal negara sakura itu.

Dari 684 orang atlet yang mewakili 29 provinsi bertarung ketat di delapan nomor yang dipertandingkan. Yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda campuran, triple putra, triple campuran, beregu putra dan beregu campuran. Sulawesi Tengah merebut paling banyak medali yaitu dua emas, satu perunggu dan empat perak.

Baca juga : KONI DKI Gelar Malam Keakraban Sukseskan Pra PON Menuju PON XXI

Pada laporannya di awal upacara, Plt Ketua Pergatsi DKI Jakarta Thomas S Aden mengatakan, sangat menyenangkan mengetahui bahwa 21 provinsi berhasil mendapat tiket menuju PON XXI tahun depan di Aceh/Sumatera Utara dari delapan kategori yang dipertandingkan.

Ke-21 provinsi yang lolos dari babak kualifikasi yakni dari enam besar kategori tunggal wanita yakni Sumatera Barat (Sumbar), Bali, Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Barat (Sulbar), Sulawesi Utara (Sultra), dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Sementara dari enam besar tunggal pria yakni Lampung, Sumbar, Sulteng, DKI Jakarta, Kalimantan Timur (Kaltim), dan Bali.

"Selanjutnya enam besar ganda pria dari Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Barat (Jabar), Yogyakarta, Bangka Belitung (Babel), Bali, dan Sulut. Enam besar ganda campuran yakni Sulteng, Jambi, Sulut, Sulsel, Yogyakarta, dan Bali. Enam besar Triple Pria dari NTT, Sulteng, Sulsel, Sumbar, Bali, dan Kaltim," papar Thomas.

Baca juga : Misi Ketiga Sang CR-7

Untuk tiga kategori terakhir, yakni enam besar kategori triple campuran yakni dari Jabar, NTT, Sulteng, Sulsel, Papua, dan Sulut. Kategori beregu pria yakni Sulteng, Sumbar, Gorontalo, Kalsel, Sulut, dan NTT. Terakhir, enam besar kategori beregu campuran yakni Bali, Sultra, Sulteng, Sulsel, Jabar, dan Sumbar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang juga Ketua Umum PB Pergatsi, dalam sambutan yang disampaikan Ketua Harian PB Pergatsi Khalawi Abdul Hamid, mengucapkan selamat kepada seluruh peserta dan tim yang lolos PON. "Selamat untuk para pemenang dalam babak kualifikasi dan berikutnya bagi yang akan bertanding di PON XXI agar sukses dalam pertandingan," kata Khalawi.

Selain pengumuman pemenang medali emas, perak, perunggu dan urutan empat sampai enam dari setiap kategori, panitia mengumumkan juga atlet dengan attitude terbaik. Yaitu atlet wanita dari Sumatera Selatan dan atlet pria dari Papua Pegunungan. Wasit dan asisten wasit terbaik pilihan para atlet tidak kalah mendapatkan apresiasi dari Ketua Panitia.

Baca juga : Senayan: Sulsel Sukses Tingkatkan Produksi Pangan Dan Tekan Inflasi

Tampak hadir pada kesempatan ini Sekjen Kementerian PUPR selaku Wakil Ketua Umum PB Pergatsi Muhammad Zainal Fatah, Perwakilan Kormi Samuel, dan Sekjen PB Pergatsi Puja Samedhi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.