Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pertamina Patra Niaga Salurkan Produk Smooth Fluid Untuk Pengeboran Di Blok Pangkah

Senin, 15 Mei 2023 15:10 WIB
PT Pertamina Patra Niaga - Corporate Sales Regional Jawa Bagian Barat melakukan penyaluran perdana produk Smooth Fluid untuk pengeboran di Blok Pangkah yang berlokasi di Laut Timur Jawa. (Dok. Pertamina Patra Niaga)
PT Pertamina Patra Niaga - Corporate Sales Regional Jawa Bagian Barat melakukan penyaluran perdana produk Smooth Fluid untuk pengeboran di Blok Pangkah yang berlokasi di Laut Timur Jawa. (Dok. Pertamina Patra Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Patra Niaga melalui Corporate Sales Regional Jawa Bagian Barat (JBB) melakukan penyaluran perdana produk Smooth Fluid (SF) untuk pengeboran di Blok Pangkah yang berlokasi di Laut Timur Jawa.

Produk SF ini disalurkan kepada PT. Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO) selaku mud services yang melayani PGN Saka yaitu PT. China Oilfield Services Limited (COSL) Indonesia.

Region Manager Corporate Sales JBB Arif Rahman mengatakan, dengan bertambahnya pengguna produk SF yang dimiliki oleh PGN Saka, hal ini menunjukkan semakin diminatinya Pertamina Smooth Fluid untuk pengeboran.

Dengan disalurkannya ke PGN Saka kata dia, merupakan bentuk nyata semakin kuatnya Kolaborasi antar Sub Holding di Pertamina.

Baca juga : Lewat Senam Sehat, Semangat Ganjar Pranowo 2024 Menggelora Di Jabar

"Mulai dari Produksi di Kilang Pertamina Internasional, di pasarkan Pertamina Patra Niaga sampai dengan digunakan di Hulu yaitu saat ini di PGN Saka," katanya.

Arif Rahman menegaskan, Produk SF yang merupakan produksi dalam negeri terbukti dapat bersaing dengan produk Impor.

Selain meningkatkan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), Smooth Fluid memiliki keunggulan dan kualitas yang telah terbukti dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam aplikasi pengeboran.

"Pertamina saat ini juga telah mengembangkan produk SF-04 produksi Kilang Cilacap. Dan Produk SF-02 Produksi Kilang Dumai untuk lebih mendekatkan produk Smooth Fluid ke Pelanggan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) guna mendukung kegiatan hulu migas di Indonesia," katanya.

Baca juga : Menhan Prabowo Janji Penuhi Kebutuhan Alutsista Untuk Operasi Di Papua

Pembongkaran Penyaluran Smooth Fluid perdana di Tuban 12 Mei 2023 dihadiri oleh Perwakilan COSL Indonesia, Gatot Prasetyo Ginting, Key Account Special Chemical Faisal Rahman, Sales Branch Manager Petrochemical I Yosa Ario Sadewo dari Pertamina Patra Niaga, Niko Atmaja Direktur Utama dari PT. Sukses Abadi Petrokimia (SAPETRO).

Saat ini pengiriman yang diterima oleh PT. COSL Indonesia di warehouse plant Tuban berhasil disalurkan sebanyak 1580 Barrels.

"Dan masih akan bertambah seiring baru dimulainya pengeboran lepas pantai tersebut," kata Arif Rahman.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan menambahkan, Smooth Fluid merupakan produk hasil inovasi Anak Negeri Perwira Pertamina dari Research & Technology Innovation (RTI) dan upstream inovation.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Tuntaskan Penyaluran Energi Selama Libur Panjang Lebaran

Produk ini digunakan sebagai Base Fluid yang merupakan Komponen Utama lumpur pengeboran berbasis minyak (oil base mud) digunakan oleh perusahaan KKKS dalam melakukan pengeboran minyak atau gas.

Selain dari tingkat TKDN yang tinggi (92 persen untuk Produk SF-02 dan 75 persen untuk Produk SF-05), produk ini memiliki Kestabilan dan Rheology yang sangat baik.

"Yang terpenting ramah terhadap lingkungan dengan kandungan aromatik dan sulfur yang sangat rendah," tegas Eko

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.