Dark/Light Mode

Liga 2 Bergulir September 2023, Berakhir Sebelum Lebaran 2024

Rabu, 28 Juni 2023 16:55 WIB
Rapat Owners Meeting PT LIB bersama klub-klub Liga 2 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (27/6). (Foto: Istimewa)
Rapat Owners Meeting PT LIB bersama klub-klub Liga 2 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (27/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus mengungkapkan, Liga 2 2023/2024 akan digelar September 2023 dan berakhir menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.

PT LIB menggelar rapat Owners Meeting bersama klub-klub Liga 2 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (27/6). Dalam rapat tersebut, dibahas beberapa hal terkait regulasi, salah satunya perihal waktu kick off Liga 2 2023/2024 digelar.

Ferry menjelaskan, Liga 2 2023/2024 digelar pada September 2023. Periode menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024 ditetapkan menjadi tahap akhir nusim

Baca juga : Digelar September, Ini 28 Klub Liga 2 Indonesia

"Ada beberapa hal yang sudah disepakati. Salah satunya adalah mengenai kick off di September dan berakhir sebelum Lebaran," kata Ferry, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (28/6).

Namun begitu, belum ditetapkan tanggal pasti kick-off Liga 2 2023/2024. Tanggal kick off akan ditetapkan usai periode pramusim.

"Masih belum, karena sebelum kick off Liga 2 akan diawali pramusim yang rencananya akhir Juli sampai Agustus, satu bulan penuh. Setelah itu baru kita masuk untuk persiapan ke liga sesungguhnya," tambah Ferry.

Baca juga : Lawan Persis Jadi Duel Pemanasan Terakhir Persebaya

Ferry melanjutkan, ada empat wilayah (format) yang disepakati. Hanya, formatnya beda dengan Liga 1. Kompetisi penuh itu grup A, B ada bervariasi.

Ferry menyatakan, untuk musim 2023/2024 terdapat rencana peraturan jumlah pemain asing yakni maksimal dua orang, dengan komposisi satu pemain asal Asia dan satu pemain berasal dari luar Asia.

"Memang kita belum menerbitkan regulasi pemain asing, karena harus mendapat persetujuan dari PSSI. Itu yang akan kami rekomendasikan ke PSSI untuk paling tidak satu tingkat di bawah Liga 1," ucap mantan Direktur Olahraga Persija Jakarta tersebut.

Baca juga : Napoli Vs Inter Milan, Ujian Sebelum Final Liga Champions

Perihal kewajiban pemain usia muda, Ferry menjelaskan, klub-klub Liga 2 diwajibkan memiliki pemain U-21 minimal satu orang, dengan durasi bermain yang sama seperti yang diterapkan di Liga 1 untuk pemain U-23. Di Liga 1, para pemain U-23 diwajibkan bermain selama 45 menit.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.