Dark/Light Mode

Okto Jadi Bos KOI Lagi, Zulfydar Ngegas Bawa Atlet Menuju Pentas Dunia

Sabtu, 1 Juli 2023 05:38 WIB
Zulfydar Zaidar Mochtar (tengah) usai mengikuti Kongres KOI di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (30/6). (Foto : Ist) 
Zulfydar Zaidar Mochtar (tengah) usai mengikuti Kongres KOI di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (30/6). (Foto : Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PB ABTI, Zulfydar Zaidar Mochtar SE MM mengapresiasi kembali terpilihnya Raja Sapta Oktohari sebagai Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) 2023 - 2027.

"Dengan terpilihnya kembali secara aklamasi Okto diharapkan melanjutkan program-program dalam memajukan prestasi olahraga diberbagai multi event internasional, " tegas Zulfydar Zaidar Mochtar seusai mengikuti Kongres KOI di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (30/6/2023). 

Zulfydar merasakan, peran Okto dalam memberikan dukungan pada cabang olahraga yang menjadi binaannya cukup besar sekali. Bahkan terus berupaya melakukan terobosan ke Federasi Internasional agar cabang olahraga yang ada bisa menggelar event bertaraf Asean, Asia maupun dunia. 

Loncatan dan percepatan atlet meraih prestasi internasional menuju panggung dunia itu sejalan dengan " Moto" PB ABTI. Melalui pertimbangan itulah katanya, Okto layak melanjutkan menjadi pimpinan KOI 2023 - 2027.

Baca juga : Lantik ABTI Jabar, Zulfydar: Harus Ada Kerja Sama Cetak Atlet Berprestasi

Semua itu dialami cabang bola tangan Indonesia yang mendapat dukungan Okto terus bergerak ke berbagai event internasional seperti halnya kejuaraan Asia bola tangan yang digelar di Bali, Maret 2023. Bahkan Agustus mendatang cabang bola tangan pantai dunia juga dipertandingkan di Bali. 

Upaya mendapatkan atlet handal yang dipersiapkan tampil di Word Beach Games (WBG) di Bali, PB ABTI akan menyeleksi atletnya di Balikpapan Kaltim, 1-3 Juli 2023.

Melalui Seleksi Nasional (Seleknas)  Binpres yang terdiri Suryadi Gunawan, Dwi Chandra, Abdul Kadir dan pelatih asal Denmark, Tony Kjaer diharapkan Tim Nasional tangan Merah - Putih tampil optimal di WBG. 

Menurut Zulfydar PB ABTI akan menjaring 10 pemain putra dan 10 putri masuk Tim Nasional yang dipersiapkan tampil di WBG di Bali Agustus 2023. Diharapkan, pemain yang sebelumnya lolos seleksi dalam Kejurnas yang digelar di UNJ 2022 akan melanjutkan prestasi di kejuaraan bola tangan pantai dunia. 

Baca juga : Menpora Dito: Piala Dunia Basket Jadi Momentum Indonesia Menuju Pentas Dunia

Sebagian besar pemain yang ikut seleksi sudah pernah tampil di kejuaraan bola tangan Asia di Bali, Maret 2023. Dengan begitu, tinggal diperkuat lagi pemain dari daerah lain yang juga lolos seleknas nantinya. 

Zulfydar yang pernah melaunching buku Mediasi Melayu-Madura di Kalbar  melanjutkan, selain menyeleksi pemain yang dipromosikan ke kejuaraan bola tangan dunia, PB ABTI juga mempersiapkan pemain bola tangan indoor putra dan putri menuju Asian Games di China September 2023.

Sedang di jenjang Nasional PB ABTI akan menggelar pertandingan Babak  kualifikasi (BK) PON di Jakarta 26 Agustus hingga 6 September 2023 dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se Sumatera di Riau. Dengan begitu, tim yang tampil di Porwil tidak lagi boleh turun di BK. 

Melalui berbagai program baik di tingkat nasional maupun internasional katanya, merupakan suatu upaya percepatan prestasi atlet nasional menuju pentas dunia.

Baca juga : Sowan Ke Ponpes Gus Miftah, Zulhas Bagikan Santunan untuk Pendidikan

"Program yang dimiliki PB ABTI itu sejalan dengan harapan Okto memajukan prestasi atlet nasional ke pentas dunia," tambah Zulfydar yang juga mantan Mediator konflik Melayu - Madura di Pontianak itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.