Dark/Light Mode

Bamsoet Beri Uang Pembinaan Rp 100 Juta ke Pembalap Muda Aldi Satya Mahendra

Kamis, 3 Agustus 2023 19:56 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kanan) bersama pembalap muda Indonesia Aldi Satya Mahendra. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kanan) bersama pembalap muda Indonesia Aldi Satya Mahendra. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) memberikan uang pembinaan Rp 100 juta kepada pembalap muda kebanggaan Indonesia, Aldi Satya Mahendra (17 tahun), yang berhasil menjadi Juara 1 Kejuaraan Dunia World Supersport300 di Sirkuit Autodrom Most, Ceko (30/7). Sebelumnya Bamsoet juga telah memberikan uang pembinaan Rp 100 juga kepada pembalap Indonesia Fadilah Arbi Aditama yang juga berhasil mengumandangkan lagu Indonesia karena berhasil meyabet Juara I FIM JuniorGP World Championship 2923 di Spanyol.

"Walaupun kondisi hujan, Aldi yang bergabung dalam tim BrCorse mampu memacu motor Yamaha YZF-R3 dengan maksimal. Start dari grid ke-10 atau di baris ke-4, tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan perlawanan terhadap 30 pembalap lainnya. Hingga akhirnya ia memenangkan kejuaraan dengan finish di urutan pertama, termasuk mengukir waktu tercepat (best time) 1 menit 58,987 detik," ujar Bamsoet, usai menerima Aldi Satya Mahendra, di Jakarta, Kamis (3/8).

Baca juga : Pastikan Stok Aman, Pertamina Regional JBB Sidak ke Pangkalan LPG di Sukabumi

Ketua MPR ini menjelaskan, Aldi memenangi kejuaraan dunia tersebut dengan keunggulan 0,169 detik atas pembalap Deza-Box 77 Racing Team Kawasaki asal Spanyol, Jose Manuel Osuna Saez yang finis kedua. Aldi unggul 2,796 detik dari pembalap Accolade Smrz Racing BGR Kawasaki, Jose Luis Perez Gonzalez yang finis ketiga.

"Aldi menjadi pembalap Indonesia kedua yang pernah meraih kemenangan di Kejuaraan Dunia World Supersport 300. Setelah sebelumnya sang kakak, Galang Hendra Pratama, yang membela Yamaha Motoxracing juga berhasil memenangi balapan di Jerez, Spanyol pada tahun 2017 lalu," jelas Bamsoet.

Baca juga : Dinkes Kebut Pembangunan Puskesmas Di 15 Kelurahan

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, Aldi dan Galang merupakan lulusan Yamaha VR46 Master Camp, program pelatihan pembalap muda yang digelar dua kali setahun oleh Yamaha dan akademi balap Valentino Rossi, VR46 Riders Academy, di Tavullia, Italia. Galang mengikuti program ini pada 2016, sementara Aldi pada 2022.

"Selain balapan di World Supersport 300, pada musim balap 2023 ini Aldi juga fokus pada Kejuaraan Internasional R3 bLU cRU European Championship 2023 dan kini berada di posisi ke-2 dalam standing point," terang Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet Beri Uang Pembinaan Rp 100 Juta Ke Fadilah, Juara I FIM JuniorGP di Spanyol

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, di Kejuaraan Internasional R3 bLU cRU European Championship 2023, Aldi pernah meraih double podium atau dua kali podium terbaik dalam 2 race yang berlangsung di Sirkuit Imola, Italia pada 15 Juli 2023. Total Aldi sudah meraih 4 kali podium juara, yaitu dua kali podium di Imola, kemudian di Donington Park dan Misano. Selain itu juga pernah podium runner-up di Barcelona dan podium ke-3 Misano. Untuk posisi pole position pernah diperoleh 2 kali di Assen and Catalunya.

"Masih terbuka peluang bagi Aldi untuk meraih juara umum karena berbeda 16 poin dari pemuncak klasemen. Mengingat seri final akan berlangsung di Sirkuit Magny Cours, Perancis pada 8-10 September 2023. Dengan dukungan seluruh elemen bangsa, serta diperkuat konsistensi Aldi dalam berlatih, kita doakan hasil terbaik selalu menyertai dirinya sehingga selalu bisa mengharumkan nama bangsa melalui kejuaraan balap yang diikutinya," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.