Dark/Light Mode

Yuk Daftar, BPK Penabur Gelar Festival Catur Pelajar Nasional Nih!

Sabtu, 26 Agustus 2023 06:22 WIB
Ilustrasi festival catur di BPK Penabur. (Foto : Ist)
Ilustrasi festival catur di BPK Penabur. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - BPK Penabur kembali mengundang para pelajar seluruh Indonesia berpartisipasi dalam kejuraan catur bertajuk Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023.

Bekerjasama dengan PB Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), festival tidak dipungut biaya alias gratis pada 2 September 2023. Pendafataran dibuka sejak 1 Agustus dan akan berakhir pada 2 September 2023.

Ketua umum Yayasan BPK Penabur, Adri Lazuardi berharap 1.400 pelajar siswa/I TK, SD, SMP, dan SLTA dan dan masyarakat umum bisa berpartisipasi festival catur ini. 

"Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ini telah dilaksanakan selama 3 tahun berturut–turut. Ini bagian dari cara kami melahirkan pecatur-pecatur muda yang diharapkan bisa berprestasi ke dunia internasonal," kata Adri Lazuardi dalam keterangannya, Sabtu (26/8).

Baca juga : Santri Dukung Ganjar Gelar Festival dan Menghias Jajanan Nusantara

Pertama kali dilaksanakan di tahun 2020, dikenal dengan Penabur Online Chess Festival, kegiatan ini dilaksanakan secara online dan diikuti oleh 1.054 peserta.

"Pesertanyanya terdiri dari  seluruh jenjang pendidikan yang ada di BPK Penabur, yakni SD, SMP, SMA serta para alumni, guru, dan karyawan BPK Penabur," jelas Ardi.

Festival Catur kedua, diadakan di 2021 bertajuk Penabur Online Chess Festival, lalu namanya menjadi Festival Catur Pelajar Nasional diikuti oleh 1.365 pelajar dari 24 provinsi di seluruh Indonesia, mulai dari pelajar SD, SMP, hingga SMA.

"Dilaksanakan secara juga secara online, Festival Catur Pelajar Nasional ini memperoleh Penghargaan MURI sebagai peserta terbanyak catur pelajar online pertama di Indonesia," jelas Adri.

Baca juga : Mak Ganjar Riau Gelar Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional Di Pekanbaru

Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ketiga dilaksanakan di tahun 2022 , diikuti oleh 1.393 siswa dari 601 sekolah di 22 provinsi. "Festival ini juga mendapatkan penghargaan MURI kedua karena keberhasilannya dalam melaksanakan catur secara online di seluruh Indonesia,".

Tahun 2023 ini, Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional 2023, dilaksanakan secara serentak di empat kota yaitu Bandar Lampung, Bandung, Cirebon dan Jakarta.

Ada enam venue  yakni Kompleks Perintis Bandar Lampung, SMAK 1  dan Kompleks Holis Bandung, Kompleks Cipto Cirebon, SMAK 1 dan SMAK Harapan Indah Jakarta. "Final akan dilaksanakan di kompleks SMAK 1 Penabur Jakarta."

Sebelumnya akan digelar Coaching Clinic pada 20 Agustus 2023 dan 27 Agustus 2023. Pembukaan pada 2 September, babak Penyisihan 9 September. Babak Final, penutupan dan penyerahan penghargaan pada 16 September 2023

Baca juga : Sasar Basis Pekerja, Relawan Buruh Ganjar Deklarasi Di Jatim

Bagi pelajar dan warga yang ikut bisa daftar dengan mengunjungi website resmi BPK PENABUR di https://bpkpenabur.or.id/events/festival-catur-2023  atau menghubungi kontak dibawah https://bit.ly/FCPTN_2023

"Acara ini diharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi komunitas catur di Indonesia serta menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengembangkan minat dan kemampuannya di bidang catur," jelas Adri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.