Dark/Light Mode

Gagal Juara AFF, Garuda Muda Langsung Fokus Piala Asia 2023

Minggu, 27 Agustus 2023 13:11 WIB
Para pemain Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)
Para pemain Piala AFF 2023. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gagal juara Piala AFF U-23 2023, pelatih kepala tim Shin Tae-yong langsung mengajak anak asuhnya fokus menghadapi kualifikasi Piala Asia 2023.

Menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, pelatih asal Korea Selatan itu akan menggelar pemusatan Latihan (TC) pada 4 September 2023 mendatang.

Dia juga sudah mengambil pelajaran dari turnamen ini untuk mempersiapkan ajang selanjutnya dengan baik.

"Kami sudah mendapat pelajaran dari turnamen ini (Piala AFF U-23) dan akan bersiap lebih baik untuk TC Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, TC nanti mulai di tanggal 4 September," tambahnya.

Baca juga : Lolos 8 Besar, Gregoria Langsung Fokus Hadapi Akane

Gelaran kualifikasi Indonesia akan dimulai pada 6-12 September mendatang. Mereka bersaing dengan Taiwan dan Turkmenistan.

Soal Piala AFF. STY mengapresiasi kerja keras para pemain timnas U-23 di ajang Piala AFF U-23 2023.

"Saya mengucapkan terima kasih utuk pemain kedua tim, Indonesia dan Vietnam. Saya juga mengucapkan selamat untuk Vietnam memenangi turnamen ini," kata SHin Tae yong usai laga. "Ini merupakan 120 menit usaha yang luar biasa," tambahnya.

Sepanjang 120 menit Beckham Putra Nugraha Cs mengerahkan segala daya dan upaya untuk menggetarkan gawang Vietnam. Namun, takdir harus ditentukan dan berakhir dalam drama adu penalti.

Baca juga : Garuda Muda Makin Pede Juara Piala AFF 2023

Kemudian, pada akhirnya, tim U-23 Indonesia harus keluar sebagai runner-up Piala AFF U-23, seusai kalah adu penalti 6-5 (0-0) dari Vietnam.

Selain mengapreasiasi para pemain, Shin juga memberikan sedikit masukan untuk AFF, agar kedepannya mereka bisa membuat suatu turnamen yang lebih baik lagi.

"Hanya satu hal yang ingin saya sampaikan adalah jika AFF ingin anggotanya berkembang, pemain juga berkembang, kita harus memikirkan beberapa hal," kata Shin Tae-yong.

"Saya tak bisa menyebutnya secara spesifik, tetapi beberapa situasi tidak menolong pemain. Pemain mungkin punya usaha yang hebat, tetapi keputusan (pengadil) salah. Dan keputusan salah itu tidak bagus. Bisa menghambat perkembangan pemain meskipun mereka punya usaha yang besar," tambahnya.

Baca juga : Hore, Garuda Muda Lolos Ke Final Piala AFF U-23

Pada kesempatan ini, gelandang Arkhan Fikri mendapat penghargaan sebagai pemain terbaik Piala AFF U-23 2023. 

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.