Dark/Light Mode

Indonesia-Singapura Eratkan Kolaborasi

Menko Airlangga Fokus Terobosan Dan Inovasi

Sabtu, 19 Agustus 2023 07:30 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyerahkan keris kepada Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gam Ki Yong. Keduanya bertemu dalam gelaran The 13th Ministerial Meeting of the Indonesia-Singapore Six Bilateral Economic Working Groups di Semarang, Jumat (18/8/2023). (Foto: Humas Ekon)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyerahkan keris kepada Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gam Ki Yong. Keduanya bertemu dalam gelaran The 13th Ministerial Meeting of the Indonesia-Singapore Six Bilateral Economic Working Groups di Semarang, Jumat (18/8/2023). (Foto: Humas Ekon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan kerja sama ekonomi Indonesia-Singapura makin mesra. Hal ini terlihat dalam gelaran The 13th Ministerial Meeting of the Indonesia-Singapore Six Bilateral Economic Working Groups di Semarang, Jawa Tengah, kemarin.

Kegiatan tersebut digelar dalam dua sesi. Yakni bilateral meeting dan plenary meeting untuk menindaklanjuti progres dan agenda program yang telah ditetapkan pada The 11th Senior Official Meeting on the Six Bilateral Economic Working Groups Indonesia-Singapura, Mei lalu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Har­tarto dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gam Ki Yong memimpin delegasi masing-masing negara dalam pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan keduanya dibahas beberapa kerja sama antara lain implementasi pro­gram Tech X, peningkatan kemudahan mobilitas investor Singapura, pengembangan Pelabuhan Kendal, hingga kerja sama pariwisata.

Baca juga : Revisi RUU Perkoperasian Diharapkan Ubah Koperasi Lebih Tangkas Dan Adaptif

“Saya mengajak seluruh working groups untuk terus menemukan terobosan-terobosan dalam mengimplementasikan kerja sama kita. Hal yang utama tidak hanya mencapai apa yang telah kita sepakati tetapi juga untuk selalu menghadirkan ino­vasi,” tegas Airlangga.

Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan, implementasi program Tech X dilakukan se­cara bertahap.

Airlangga berharap, kolaborasi ini dapat melahirkan talenta digital yang berdaya saing.

Kemudian terkait konektivitas untuk memudahkan mobili­tas, Airlangga mengatakan, hal tersebut merupakan elemen kunci yang akan terus diting­katkan.

Baca juga : Dubes Australia Penny Williams Kagum Kolaborasi Balet Australia Dan Indonesia

Kedekatan geografis antara Kawasan Batam Bintan Karimun (BBK) dan Singapura menjadi motor penggerak kemudahan tersebut.

Indonesia juga mendorong peningkatan konektivitas udara dengan membuka penerbangan langsung ke lebih banyak titik di seluruh Indonesia.

“Seluruh upaya tersebut di­lakukan juga untuk turut mendu­kung pertemuan ASEAN selama Keketuaan ASEAN Indonesia tahun ini,” ungkapnya.

Lalu, Airlangga juga memba­has progress kerja sama di sek­tor unggas dengan persetujuan perusahaan Indonesia sebagai supply source sekaligus ekspor­tir produk unggas beku dan ayam olahan, serta mendorong peluang lain untuk memperkuat kerja sama.

Baca juga : Prabowo Sebut Airlangga Sosok Penting Pertumbuhan Perekonomian Indonesia

Selanjutnya di sektor pari­wisata, Indonesia mendorong Singapura untuk membangun kerja sama dan berinvestasi, khususnya di daerah yang belum terjamah seperti Belitung.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.