Dark/Light Mode

IOF National Championship Racing Adventure 2023 Sukses, Dipuji Bamsoet

Minggu, 27 Agustus 2023 22:46 WIB
IOF National Championship Racing Adventure 2023 round 5, di Sirkuit Gunung Anyar Turi, Sleman, Yogyakarta. (Foto: Dok. IMI)
IOF National Championship Racing Adventure 2023 round 5, di Sirkuit Gunung Anyar Turi, Sleman, Yogyakarta. (Foto: Dok. IMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi kesuksesan penyelenggaraan Kejurnas Indonesia Off-road Federation (IOF) National Championship Racing Adventure 2023 round 5 di Sirkuit Gunung Anyar Turi, Sleman, Yogyakarta. Kejurnas IOF National Championship Racing Adventure 2023 seri terakhir ini digelar 25-27 Agustus 2023 dan diikuti 82 starter dari 9 provinsi di Indonesia.

"Sebelumnya, Kejurnas IOF National Championship Racing Adventure 2023 telah digelar sebanyak 4 seri di beberapa kota di Indonesia, seperti Magelang, Tegal, Gresik dan Bandung. Dalam Kejurnas IOF National Championship Racing Adventure 2023 round 5 digelar lima kelas yang diperlombakan, yaitu 1.000cc Modifikasi, Upper, Under 2.500cc dan FFA," ujar Bamsoet, usai menyaksikan Kejurnas IOF National Championship Racing Adventure 2023 round 5 di Sirkuit Gunung Anyar Turi Sleman, Yogyakarta, Minggu (27/8).

Baca juga : Fajri Benamkan Korsel

Hadir pengurus IMI Pusat antara lain Bendahara Umum Iwan Budi Buana, Direktur Organisasi dan Kelembagaan Nasrul Fuad, Hubungan Antar Lembaga Agus Hadsoe, serta Komunikasi dan Media Dwi Nugroho. Hadir pula Ketua Umum IOF Irjen. Pol. (Purn). Sam Budigusdian.

Ketua MPR ini menjelaskan, hingga akhir 2023 IMI akan terus menggelar berbagai kegiatan dan event otomotif, baik skala nasional maupun internasional. Di antaranya Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023 sebanyak dua putaran pada 22-23 September 2023 dan 24-26 November 2023 di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara. MotoGP juga akan kembali digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB pada 2023 pada 13-15 Oktober 2023.

Baca juga : 2 Perenang Indonesia Rajai Oceanman 10K

"Sebelumnya, IMI sukses menggelar event balap internasional, seperti gelaran World Superbike (WSBK) pada 3-5 Maret 2023 di Mandalika, Formula E 2023 pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta, serta Kejuaraan Dunia Motocross (MXGP) pada 25 Juni 2023 di Samota Nusa Tenggara Barat," kata Bamsoet. 

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini berharap, melalui gelaran kejuaraan balap nasional dan internasional, IMI ingin berkontribusi memajukan perekonomian rakyat melalui sport tourism. United Nations World Tourism Organizations (UNWTO) menekankan sport tourism merupakan sektor wisata yang pertumbuhannya paling cepat di dunia, mencapai 6 persen per tahun atau senilai 600 miliar dolar AS per tahun. Tidak itu saja, sport tourism memberikan kontribusi 25 persen dari total penerimaan industri wisata dunia.

Baca juga : Besok, Garuda Pertiwi Yakin Menang Lawan Timor Leste

"Penyelenggaraan kejuaraan balap nasional dan internasional akan memberikan sumbangsih yang luar biasa bagi perekonomian masyarakat sekitar. Mulai dari sektor homestay, jasa transportasi, UMKM kuliner, souvenir, dan berbagai kerajinan lainnya akan merasakan dampaknya secara langsung," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.