Dark/Light Mode

Kapolri Cup 2023

DKI Tersingkir, Kalbar Masuk 4 Besar

Rabu, 30 Agustus 2023 05:15 WIB
Tim voli putra Kalimantan Barat. (Foto : Ist)
Tim voli putra Kalimantan Barat. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim voli putra Kalimantan Barat (Kalbar) memastikan satu tempat di semifinal Piala Kapolri 2023 dan menjuarai Pul A.

Tim Kalbar ke semifinal usai mengalahkan Jawa Tengah (Jateng) 3-1 (25-19, 17-25, 27-25, 25-15), pada babak delapan besar di GOR Pangsuma Pontianak, Selasa (29/8/2023).

Kemenangan tim tuan rumah atas Jateng itu sekaligus meloloskan Bali ke babak empat besar. Dengan berbekal dua kemenangan dan sekali kalah, Bali memetik enam poin.

Kalbar sebenarnya hanya butuh satu set untuk memastikan ke semifinal. Sementara Jateng butuh kemenangan dari tuan rumah Kalbar pada akhir laga mereka.

Baca juga : PKS Usung Kader Sendiri

Pada laga itu, Kalbar kehilangan set kedua dengan skor 17-25. Pelatih Kalbar, Reidel Alfonso Gonzalezt Toiran, mengatakan, seharusnya timnya tidak perlu kehilangan set kedua.

"Biasa anak-anak, soal mental yang mempengaruhi mereka," kata Toiran usai laga.

Kalbar, sebagai juara Pul A akan bertemu dengan runner-up Pul B, Sumsel, Kamis (31/8/2023).  Sementara Jatim akan melawan Bali pada hari yang sama.

Sementara itu, tim putra DKI Jakarta gagal melangkah ke semifinal Piala Kapolri 2023 usai dikalahkan Sumatra Selatan (Sumsel) 2-3  (21-25, 23-25, 25-19, 25-19, 12-15) pada akhir laga Pul B babak delapan besar.

Baca juga : Jabar Gagal Ke Semifinal, Sultra-Jatim Masuk 4 Besar

Dengan kemenangan ini, Sumsel menjadi runner-up Pul B di bawah Jatim yang mengoleksi nilai sempurna sembilan dari tiga kemenangan. I Putu Randu dkk. mengoleksi nilai lima dari hasil dua kali kemenangan dan sekali kalah.

Laga pemuncak Pul B itu berlangsung ketat. Di dua set awal, anak-anak Sumsel memimpin. Namun, dua set berikutnya dikuasai anak-anak Ibukota. Akhirnya, pertarungan set kelima berlangsung ketat dan dimenangkan Sumsel.

Pelatih DKI Jakarta, Walfredus Wahyu mengakui kalau timnya kurang beruntung. "Nasib kurang berpihak kepada tim DKI," ujar Wahyu usai laga.

Adanya mantan pemain nasional, I Putu Randu dalam tim Sumsel, berpengaruh bagi tim DKI. "Putu Randu itu mempegaruhi penampilan anak-anak," tukas Wahyu.

Baca juga : Kapolri 2023, Tim Voli Putra Kalbar Bekuk Bali Di 8 Besar

Sementara itu, pelatih Sumsel, Samaji mengaku adanya Putu Randu bisa mengangkat performa tim asuhannya. "Beruntung ada Randu," kata Samaji.

Laga lainnya di sektor putri yang tidak menentukan lagi, Sulawesi Tengah (Sulteng) menang atas DI Yogyakarta dengan skor 3-0 (25-17, 26-24, 25-18).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.