Dark/Light Mode

Dibuka Menpora Dito, 1.622 Pecatur Siap Tempur Di FCPN BPK Penabur 2023

Sabtu, 2 September 2023 18:57 WIB
Menpora Dito Ariotedjo bersama pelajar BPK Penabur saat pembukaan FCPN BPK Penabur di Auditorium BPK Penabur Kelapa Gading, Sabtu (2/9). (Foto : Ist)
Menpora Dito Ariotedjo bersama pelajar BPK Penabur saat pembukaan FCPN BPK Penabur di Auditorium BPK Penabur Kelapa Gading, Sabtu (2/9). (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 1.622 pelajar dari seluruh Indonesia mengikuti Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional (FCPN) yang dilaksanakan Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur 2023.

Dibuka oleh Menpora Dito Ariotedjo di Auditorium SPK Penabur Kelapa Gading, Jl. Boulevard Bukit Gading Raya, Jakarta Utara, Sabtu (2/9), festival catur ini diharapkan bisa membentuk kecakapan intelektual para pelajar.

"Festival catur yang dilaksanakan BPK Penabur ini luar biasa. Dari TK hingga SMA dengan peserta lebih dari 1.600 dari seluruh Indonesia. Saya bangga dengan BPK Penabur karena ini membantu pemerintah membentuk karakter kecakapan sejak usia dini," kata Menpora Dito ditemani Ketum PB Percasi GM Utut Adianto

Karena manfaatnya, menurut Menpora, kegiatan seperti ini perlu dilakukan secara berulang-ulang dan masif untuk mendukung catur menjadi tulang punggung pendidikan olahraga sejak dini.

Baca juga : Dimulai Besok, Jojo Cs Siap Tempur Di Kejuaraan Dunia 2023

"Saya sangat mendukung catur menjadi backbone dari pendidikan olahraga sejak dini. Saya harap ini juga diterapkan di seluruh daerah di Indonesia," tuturnya.

Menpora Dito juga memberikan apresiasinya kepada PB Percasi dan BPK Penabur yang solid dalam bekerjasama mengembangkan regenerasi atlet catur serta juga mengucapkan terima kasih atas dukungan orang tua siswa.

"Saya sangat mengapresiasi kepada PB Percasi dan BPK Penabur karena sudah membuat festival catur tingkat tingkat nasional ini. Saya juga ucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua dari para peserta. Karena tanpa dukungan dan keikhlasan hati untuk menempatkan anaknya di cabor catur ini tidak akan ada pecatur muda yang lahir," urainya.

"Terakhir, saya mengajak semua para hadirin untuk menyaksikan pertarungan kecerdasan di atas papan catur ini, mendukung para peserta muda kita, dan dapat terinspirasi oleh kecakapan intelektual yang dipertontonkan. Semoga semangat catur terus tumbuh subur di kalangan generasi muda kita," pungkasnya.

Baca juga : Menpora Dito Pede Timnas Sepakbola Amputasi Juara Di Malaysia

Ketua Umum PB. Percasi Utut Adianto, mengatakan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional akan menjadi ajang untuk menemukan pecatur unggul. 

"Bibit banyak, tapi tantangan untuk jadi real star adalah godaannya banyak di zaman yang cepat berubah seperti sekarang ini," kata Utut.

Utut juga mengatakan pihaknya nanti akan melatih secara khusus pemenang dari Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional. "Itu kalau diizinkan orang tuanya. Karena untuk jadi GM kan butuh waktu dan proses yang panjang," tutup Utut Adinto.

Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi, menyampaikan Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional BPK Penabur 2023 merupakan kelanjutan kerjasama yang intensif antara BPK Penabur dengan PB Percasi dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). Kegiatan ini akan dimulai pada 9 September mendatang.

Baca juga : Respon Menpora Dito Soal Pembatalan World Beach Games 2023

"Festival ini merupakan lanjutan kerjasama kami yang intensif yang di tahun dimulai sejak tahun 2019. Tahun 2023 ini festival ini diikuti 1.622 pecatur dari 13 provinsi, 54 kabupaten/kota. Festival ini akan hadir di empat kota yakni Bandar Lampung, Jakarta, Cirebon dan Bandung," ujarnya.

Festival ini akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia. "MURI juga mencatatkan ini sebagai turnamen terbanyak secara langsung di empat kota tahun ini. Saya harap Mas Menteri berkesempatan mengunjungi sekolah kami yang lain di beberapa provinsi sekaligus menyaksikan bagaimana potensi bangsa sedang kami upayakan dididik menjadi generasi best," tutupnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.