Dark/Light Mode

Gala Karya Reborn

Kamis, 26 September 2019 22:06 WIB
Papan nama Gala Karya untuk persiapana putaran final kompetisi antarkaryawan. (Foto: Istimewa)
Papan nama Gala Karya untuk persiapana putaran final kompetisi antarkaryawan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Yayasan Gala Karya kembali menggulirkan turnamen Gala Karya setelah sempat berhenti 30 tahun. Liga sepak bola karyawan ini terakhir digelar pada 1990. 

Putaran Gala Karya sudah berlangsung setahun terakhir di segenap daerah di Indonesia. Putaran final berlangsung pada 27 September-5 Oktober 2019, di Jakarta. Sebanyak 16 klub yang berasal dari instansi pemerintah maupun perusahaan siap berkompetisi dalam final Gala Karya.

Baca juga : Dengarlah Suara-suara

Ketua Yayasan Gala Karya, M Jaelani Saputra, menjelaskan, tujuan menggelar liga ini adalah dalam rangka turut menggairahkan iklim sepak bola di masyarakat. "Tujuan besarnya tentu untuk menggalakkan program olahraga secara luas," katanya, di Jakarta, Kamis (26/9).
 
Gala Karya adalah kompetisi sepak bola antarinstansi pemerintahan, perusahaan swasta, dan perusahaan BUMN dan BUMD. Dilatarbelakangi banyaknya pesepak bola di lingkungan karyawan, diadakanlah turnamen pertama kalinya pada 1981.

Kompetisi ini ternyata mampu melahirkan talenta pesepak bola yang pada akhirnya menjadi tulang punggung timnas kala itu. Sebut saja Warta Kusuma, Ajat Sudrajat, Ribut Waidi, Budi Yohannes. Mereka awalnya adalah pemain amatir di Gala Karya.

Baca juga : Menolak Tawaran Menteri

“Gala Karya hadir kembali untuk membudayakan sepak bola di lingkungan karyawan atau pekerja. Sebagai wadah berkompetisi bagi para karyawan,” tambah M Jaealani.

Berikut 16 klub yang akan mengikuti putaran final Gala Karta. DKI  Jakarta (PT. IPC TPK), Jawa Timur (PT. TELKOM AKSES0, Riau (PT. RAPP), Papuan (PT. Freeport), Maluku (Balai Pelaksana Jalan Nasional), Lampung (PB. Swalayan), Sulawesi Selatan (Pelindo IV Makassar), Bangka Belitung (Pemprov Bangka Belitung), Sulawesi Tengah (PT. Poso Energi Kalla Group), Maluku Utara (Pemkot Ternate), Sumatera Selatan (Balai Penelitian Sembawa), Jambi (PT. Petrochina), Bangka (Pemkab Bangka), Nusa Tenggara Timur (Bank NTT), Sumatera Utara (Pemkab Humbang Hasundutan), dan Kalimantan Timur (PT. Thiess Indonesia). [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.