Dark/Light Mode

NTB-NTT Siap Jadi Tuan Rumah PON 2028

Jumat, 22 September 2023 06:26 WIB
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto : Kemenpora)
Menpora Dito Ariotedjo. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Josef Soi menegaskan daerahnya siap menjadi tuan rumah PON (Pekan Olahraga Nasional) 2028 mendatang.

Hal itu disampaikan Josef Soi saat audiensi dengan Menpora Dito Ariotedjo di Lantai 10, Kemenpora, Rabu (20/9) sore.

Kepada Menpora, Josef Nae Soi melaporkan terkait  NTT yang menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON XXII) tahun 2028.

Baca juga : Federasi Arung Jeram Siap Gelar Kualifikasi PON 2024

Seperti diketahui NTT dan NTB secara resmi terpilih menjadi tuan rumah PON XXII tahun 2028. Penetapan itu disahkan dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) pada tahun 2022 yang lalu.

Kepada Menpora Dito, Wagub NTT  menyampaikan untuk segera bersiap diri sebagai tuan rumah PON bersama NTB.

"NTT harus persiapkan diri menjadi tuan rumah yang baik, kita harus mempersiapkan hospitality management yang bagus, masyarakat harus ramah menerima para atlet maupun tamu dari seluruh Indonesia," katanya usai pertemuan.

Baca juga : Partai Golkar Jadi Kekuatan Penentu, Playmaker Pilpres 2024

Menurutnya, untuk mempersiapkan diri ini butuh beberapa hal antara lain dari sudut regulasinya. "Kami berharap supaya pemerintah pusat bisa menerbitkan Keppres penunjukan kami sebagai tuan rumah PON 2028," ucapnya.

"Kalau Keppres ini diterbitkan lebih cepat maka kami memiliki landasan untuk mempersiapkan PON ini. Dan setelah itu, baru kita sinkronisasi dengan pemerintah pusat, NTB dan NTT," sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Menpora Dito menyambut baik NTT menjadi tuan rumah PON 2028. "Intinya begini Pak Wagub, saya ingin NTT minimal bisa mempersiapkan diri dulu terkait PON 2028 ini," ucapnya.

Baca juga : Busan Pede 100 Persen Jadi Tuan Rumah World Expo 2030

"NTT bisa melihat apa saja kelebihan dari PON Papua. Dan NTT juga bisa melihat bagaimana persiapan PON  Sumut - Aceh. Dan ini bisa ditiru oleh NTT dalam mempersiapkan diri untuk PON 2028. Terkait Keppres mungkin bisa kita bahas lagi setelah melihat penyelenggaraan PON Sumut-Aceh," katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.