Dark/Light Mode

FIFA Umumkan Argentina Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Gantikan Indonesia

Selasa, 18 April 2023 15:05 WIB
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) mengumumkan Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2023. (Foto: dok. FIFA)
Presiden FIFA Gianni Infantino (kiri) mengumumkan Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 tahun 2023. (Foto: dok. FIFA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi menunjuk Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Menyusul pencopotan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 29 Maret lalu.

Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) diketahui telah mengajukan diri sebagai tuan rumah event terbesar kedua FIFA, tak lama setelah pencopotan itu.

Pekan lalu, delegasi FIFA telah melakukan inspeksi kelayakan stadion dan infrastruktur lain terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di negara Amerika Selatan itu. Perjanjian tuan rumah telah ditandatangani AFA.

Baca juga : Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumut Adakan Pesantren Kilat

Piala Dunia U-20 yang dihelat pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023, akan menampilkan enam grup yang terdiri dari empat tim.

Argentina yang kini mendapat hak menjadi tuan rumah turnamen, akan bertanding di ajang tersebut, menggantikan Indonesia.

Bisa dibilang, Argentina adalah negara paling sukses dalam sejarah Piala Dunia U-20. Tim Tango muda sudah enam kali memenangkan turnamen, terakhir pada tahun 2007.

Baca juga : NCKL Diprediksi Rajai Rantai Pasok Nikel Indonesia

Selain itu, Argentina juga pernah menjadi tuan rumah kompetisi pada tahun 2001.

“FIFA dengan senang hati mengumumkan bahwa edisi Piala Dunia U-20 tahun ini akan berlangsung di Argentina. Kandang juara dunia ini, membuka pintunya bagi superstar sepak bola dunia masa depan,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino, dalam situs resmi FIFA, Senin (17/4).

"Saya ingin berterima kasih kepada AFA. Khususnya Presiden Claudio Tapia, serta otoritas pemerintah, atas komitmen mereka untuk menjadi tuan rumah acara yang luar biasa ini dalam waktu sesingkat itu," imbuhnya.

Baca juga : Ajinomoto Kenalkan Mayumi Saus Salad Buah Pertama di Indonesia

Piala Dunia U-20 memainkan peran kunci dalam upaya FIFA mempromosikan sepak bola pemuda di seluruh dunia.

Sejak 1977, turnamen ini menampilkan beberapa pemain terhebat dalam beberapa dekade terakhir. Termasuk mendiang Diego Armando Maradona, Lionel Messi, Paul Pogba, Erling Haaland, dan masih banyak lagi.

Pengundian resmi Piala Dunia U-20 tahun ini, akan berlangsung di markas FIFA, Zurich, Jumat (21/4). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.