Dark/Light Mode

Airlangga Bangga, Harris Horatius Sabet Emas Wushu Di Asian Games 2023

Selasa, 26 September 2023 16:11 WIB
Harris Horatius, sukses mempersembahkan medali emas untuk timnas Wushu Indonesia di Asian Games 2023 Huangzhou, China, Selasa (26/9/2023). (Foto: NOC Indonesia)
Harris Horatius, sukses mempersembahkan medali emas untuk timnas Wushu Indonesia di Asian Games 2023 Huangzhou, China, Selasa (26/9/2023). (Foto: NOC Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kesibukan menjalankan tugas sebagai Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto yang menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI), terus memantau penampilan timnas Wushu Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou.

Setelah atlet wushu senior Edgar Xavier Marvelo menyumbangkan medali perak dari nomor Nanquan, kini giliran Harris Horatius sukses menyumbangkan medali emas nomor gabungan Nanquan dan Nangun.

“Alhamdulillah, Harris Horatius sukses menyumbang medali emas, setelah Edgar menyumbangkan medali perak. Target satu medali emas sudah terpenuhi," tutur Airlangga dalam keterangannya, Selasa (26/9/2023).

Baca juga : Atlet Menembak Indonesia Raih Emas Pertama Di Asian Games 2023

"Selamat buat Harris dan juga Edgar, atas prestasinya yang membawa harum nama bangsa dan negara Indonesia di ajang Asian Games 2023 Hangzhou. Semoga prestasi Edgar dan Harris Horatius dapat menjadi pemicu atlet wushu lainnya, untuk meraih hasil terbaik,” imbuhnya.

Tampil di XSG Sports Centre Hangzhou, China, Selasa (26/9/2023), Harris Horatius berhasil menjadi yang terbaik dengan mengalahkan 18 peserta.

Harris merebut medali emas dengan mengantongi total 19,506 poin (Nanquan 9,756 dan Nangun 9,750).

Baca juga : Sah, Persis Lepas Sananta Ke Asian Games 2022

Medali perak direbut Lee Yong Mun dari Korea Selatan dengan total 19,472 poin dan Huang Junhua dari Macao merebut perunggu dengan total 19,463 poin.

Wakil Bendahara PBWI Gunawan Tjokro yang menyaksikan langsung pertandingan mengatakan, memuji performa Harris Horatius.

"Ini medali emas pertama dari wushu, buat Kontingen Merah Putih. Saya juga berharap, kesuksesan Harris dan Edgar jadi pemicu atlet wushu lainnya  yang tampil di nomor Taolu maupun Sanda,” ucapnya.

Baca juga : 20 Pebulutangkis Indonesia Siap Buru Medali Asian Games

Di Asian Games 2018 Jakarta, Wushu sukses menyumbangkan 1 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Satu-satunya medali emas disumbangkan Lindswell Kwok, satu medali perak dipersembahkan Edgar Xavier Marvelo. Sementara tiga medali perunggu disumbangkan Ahmad Hulaefi, dan dua atlet sanda Yusuf Widiyanto (-56kg) dan Puja Riyaya (-70kg).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.