Dark/Light Mode

Sheikh Jassim Mundur, Selangkah Lagi Miliarder Inggris Beli Man United

Senin, 16 Oktober 2023 09:30 WIB
Para pemain Man United di pentas Liga Inggris. (Foto : Ist)
Para pemain Man United di pentas Liga Inggris. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gagalnya pengusaha Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani membeli klub Manchester United membuka jalan miliarder Inggris, Jim Ratcliffe memiliki klub berjuluk Setan Merah tersebut.

Ratchliffe, pendiri perusahaan kimia dilaporkan sudah mencapai kesepakatan mengakusisi 25 persen kepemilikan saham dari keluarga Glazer yang memiliki 69 saham klub. Sisa saham dimiliki oleh investor kecil di Bursa Efek New York.

Diperkirakan penandatanganan kesepakatan akan dilakukan paling cepat pekan ini.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Man United Dan Spurs Menang Tipis

Kepada ESPN, seorang sumber mengatakan pembelian saham oleh Ratchliffe akan menjadi langkah pertama dalam proposal untuk mengambil kendali penuh klub.

Miliarder Inggris  dianggap bisa meningkatkan prestasi klub disbanding keluarga Glazer.

Ratchliffe diketahui juga pemilik klub Prancis, Nice, dan klub Swiss, Lausanne-Sport. Dia lahir dan besar di daerah yang berjarak 10 mil dari Old Trafford dan tumbuh sebagai penggemar Setan Merah.

Baca juga : Survei Kepuasan Pimpin PSSI Sangat Tinggi, Erick Makin Top

Kesepakatan Jim Ratcliffe diperkirakan bisa memuaskan keinginan empat bersaudara Glazer lainnya, Bryan Kevin, Edeard, dan Darcie, untuk mengurangi kepemilikan mereka di klub.

Sebelumnya dilaporkan ESPN, Sheikh Jassim gagal membeli MU. Tawaran Sheikh Jassim mendekati 5 miliar pound sterling atau sekitar Rp 95,2 triliun.

Namun, masih dari keterangan sumber kepada ESPN, keluarga Glazer menilai United itu lebih dari 6 miliar pound sterling. Padahal, nilai pasar klub saat ini sekitar 2,6 miliar pound sterling.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Liverpool, Man United Dan Man City Tumbang

Penguasaha Qatar itu mengajukan tawaran untuk 100 persen kepemilikan klub dan itu termasuk menghapus utang yang ada. Namun tidak termasuk utang Setan Merah yang dirilis pada Maret sebesar 969,6 juta pound sterling.

Sheikh Jassim juga menjanjikan 1,4 miliar pound sterling untuk pembangunan kembali fasilitas, termasuk Old Trafford, dan untuk meningkatkan skuad.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.