Dark/Light Mode

472 Pecatur Siap Bersaing Di Ajang JAPFA Chess Festival 2023

Rabu, 18 Oktober 2023 20:58 WIB
Sekretaris Jenderal PB Percasi Hendry Hendratno dan Direktur Corporate Affairs Rachmat Indrajaya pada pembukaan Japfa Chess fetival ke-13 di Jakarta, Rabu (18/10). (Foto : ist)
Sekretaris Jenderal PB Percasi Hendry Hendratno dan Direktur Corporate Affairs Rachmat Indrajaya pada pembukaan Japfa Chess fetival ke-13 di Jakarta, Rabu (18/10). (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PB Percasi (Catur) dan JAPFA kembali menggelar kejuaraan catur. Bertajuk JAPFA Chess Festival ke-13, acara ini digelar pada 18-22 Oktober 2023 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat.

“Ada 472 pecatur yang berasal dari 25 provinsi ikut festival yang digelar JAPFA ini,” kata Sekretaris Jenderal PB Percasi Hendry Hendratno di Jakarta, Rabu (18/10).

Hendry mengatakan festival ini diikuti para pecatur Internasional, diantaranya Grand Master Wanita (WGM) dari Vietnam dan Filipina yang turut berlaga melawan WGM Indonesia pada kategori Dwitarung Internasional.

Baca juga : Omzet UMKM Pertamina Naik 53 Persen Di Grand Prix of Indonesia 2023

Kategori lain menghadirkan WGM Dewi AA. Citra (Indonesia) melawan WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam) untuk kategori dwitarung catur standar, serta WGM Janelle Mae Frayna (Filipina) vs Theodora Walukow (Indonesia) untuk kategori catur kilat secara daring.

Selain itu, terdapat kategori open bagi para pemain profesional, kategori karyawan perusahaan, hingga kelompok umur di bawah 10 tahun, di bawah 14 tahun, dan di bawah 18 tahun, baik untuk putra maupun putri.

Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya menambahkan pihaknya akan terus mempertahankan ciri khas festivalnya dengan mengakomodasi semua kelompok dan usia peserta catur Indonesia.

Baca juga : PROUI Siap Menangkan Prabowo Di Pilpres 2024

“JAPFA Chess Festival ini mempertahankan ciri khasnya mengakomodir segala usia, segala kelompok, jadi kita ada 12 kategori,” kata Rachmat

Dia berharap melalui ajang tersebut dapat menemukan talenta-talenta terbaik yang akan menjadi generasi penerus olahraga catur Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PB Percasi Ichsan Soelistio mengapresiasi JAPFA yang terus mensponsori pertandingan-pertandingan catur di Indonesia.

Baca juga : 6 UMKM Terbaik Indonesia Bersaing Di IMA UMKM Award 2023

“Mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan terus. Kami mengharapkan ini bisa menjadi ajang latihan buat para pecatur kita sehingga bisa banyak grand master yang muncul dari Indonesia,” kata Ichsan.

Dalam festival tersebut JAPFA bersama Universitas Gunadarma meluncurkan robot catur yang dapat berfungsi sebagai mentor bahkan lawan tanding, sehingga diharapkan dapat semakin menarik minat generasi muda untuk menggeluti olahraga tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.