Dark/Light Mode

Open Japfa Chess Festival, GM Susanto Megaranto Unggul Sementara

Jumat, 20 Oktober 2023 05:10 WIB
Grand Master GM Susanto Megaranto. (Foto : kanan)
Grand Master GM Susanto Megaranto. (Foto : kanan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pecatur putra terbaik Indonesia Grand Master (GM) Susanto Megaranto memimpin klasemen sementara katagori Open Japfa Chess Festival ke-13 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta. 

Susanto di puncak klasemen sementara dengan 3 poin diikuti 12 pecatur lainnya di urutan 2-13 yang sama-sama mengemas 3 poin.

Katagori Open Japfa Chess Festival ke-13 diikuti sebanyak 150 peserta termasuk sejumlah pecatur top nasional. 

Hasil positif itu diraih Susanto setelah sukses membukukan tiga kemenangan di tiga babak awal.

Pada babak ke-3, Kamis (19/10/2023) Susanto bermain dengan buah putih menaklukkan pecatur asal Sumatera Utara Master Fide (MF) Daniel Hermawan 2203

Baca juga : Survei Indikator di Jatim, Ganjar Unggul 10,1 Persen dari Prabowo

Susanto yang memiliki elo rating 2540 menyudahi perlawanan Daniel yang mengantongi rating 2203 di langkah ke-42 yang diawali dengan pembukaan Sicilia.

"Pertandingan tadi cukup ketat. Lawan bermain dengan baik. Tapi dengan menguasai sentrum saya dapat mengendalikan jalannya pertandingan. Kunci kemenangan saya terjadi ketika lawan kehilangan satu perwira yang ditularkan dengan bidak. Setelah itu saya bisa dengan leluasa melakukan tekanan dan akhirnya memenangkan pertandingan," kata Susanto usai pertandingan. 

Pecatur asal Jawa Barat ini menargetkan meraih gelar juara katagori Open Japfa Chess Festival ke-13. Namun dia mengakui masih perlu perjuangan panjang untuk meraih gelar juara karena masih akan berhadapan dengan lawan-lawan yang kuat, diantaranya GM Novendra Priasmoro yang juga telah mencetak tiga kemenangan.

Baca juga: Dwi Tarung Japfa Chess Festival International ke-13: Dewi Remis, Theodora Menang di Babak 1 

"Harapannya tentu bisa juara. Tapi perjuangan masih panjang. Yang terpenting saat ini fokus tampil terbaik di setiap babak," tandasnya. 

Baca juga : Benahi Tata Kelola Perunggasan, Djarot Usul DPR Bentuk Panja

Dewi Citra Unggul

Sementara itu dari ajang dwi tarung internasional catur standar Japfa Chess Festival ke-13, pecatur putri Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Dewi AA Citra berhasil meraih poin penuh atas lawannya GMW dari Vietnam Nguyen Thi Mai Hung pada babak ke-2. 

Memainkan buah putih Dewi 2256 menyudahi perlawanan Mai Hung 2226 di langkah ke-34. 

Tambahan 1 poin dari laga ini membuat Dewi unggul sementara dengan skor 1,5-0,5. Karena pada babak ke-1 Dewi dan Mai Hung bermain remis. 

Dewi kembali akan menghadapi Mai Hung pada babak ke-3 dari 6 babak yang dijadwalkan pada Jumat (20/10/2023). Sesuai pairing Dewi akan bermain dengan buah hitam. 

Baca juga : Sering Ditanya Cawapres Ganjar, Mega Bilang Sabar

Sayang sukses Dewi gagal diikuti rekannya Theodora Walukow yang juga terlibat dalam dwi tarung internasional catur cepat secara online melawan GMW dari Filipina Janelle Mae Frayna.

Theodora yang sempat unggul 1-0 pada babak 1 yang memainkan catur kilat 3 menit, kini tertinggal 1-2 setelan menelan kekalahan dalam laga catur cepat 10 menit pada babak ke-2 dan ke-3. 

Menurut Theodora dua kekalahan beruntun yang dialaminya terjadi karena permainannya berantakan. 

“Permainan saya berantakan. Kemarin di blitz chess saya pegang buah putih dan menang. Tapi hari ini, saya salah kalkulasi. Saya akhirnya kalah,” ujar Theodora dengan raut wajah sedih.

JAPFA Chess Festival 2023 yang digelar di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, 18-22 Oktober diikuti sebanyak 472 peserta yang bertanding di 12 katagori. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp265 juta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.