Dark/Light Mode

JAPFA Chess Festival

Percasi Banggakan WGM Dewi AA Citra Tekuk Wakil Vietnam

Minggu, 22 Oktober 2023 21:35 WIB
Indonesia WGM Dewi AA Citra Anastasia dan pecatur Vietnam WGM Nguyen Thi Mai Hung. (Foto : Ist) 
Indonesia WGM Dewi AA Citra Anastasia dan pecatur Vietnam WGM Nguyen Thi Mai Hung. (Foto : Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto membanggakan prestasi pecatur Indonesia WGM Dewi AA Citra Anastasia yang berhasil juara dalam dwitarung internasional JAPFA Chess Festival ke-13.

MGW Dewi AA Citra menang usai mengalahkan pecatur Vietnam WGM Nguyen Thi Mai Hung 3,5 - 2,5.

Kepastian Dewi memenangkan dwitarung internasional JAPFA Chess Festival ke-13 itu didapatnya setelah bermain remis pada partai keenam yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Minggu (22/10).

“Pertama kita bersyukur di dwilomba atau dwitarung atlet kita Dewi Citra menang. Ini menurut saya bukan pencapaian yang mudah, kita memang 3 1/2 - 2 1/2,” kata Utut saat penutupan JAPFA Chess Festival ke-13.

Menurut Utut hasil dari JAPFA Chess Festival 2023 memberikan dampak positif bagi pecatur-pecatur muda di tanah air.

Baca juga : Japfa Chess Festival Ke-13, GM Susanto Megaranto Belum Terbendung

Utut mengaku sangat bangga karena perwakilan Indonesia bisa mengalahkan pecatur Vietnam, karena saat Asian Games 2022, pecatur Indonesia kalah atas negara tersebut.

“Kita sesungguhnya lebih kuat dari Vietnam hanya karena kemarin di Asian Games (2022) ketika kita terlalu diharapkan orang, biasanya hasilnya enggak sebaik kalau tidak diharapkan,” kata Utut.

Utut menambahkan bahwa PB Percasi akan selalu berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan para pecatur di Indonesia, menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dalam olahraga catur di tanah air.

Sedangkan Dewi AA Citra Anastasia sangat berterima kasih kepada PB Percasi karena mendapat kesempatan melawan pecatur Vietnam.

“Saya bersyukur sekali karena akhirnya bisa memenangkan match melawan grand master dari Vietnam yaitu Nguyen Thi Mai Hung,” kata Dewi.

Baca juga : BP Dan Pertamina Kembangkan Potensi Amonia Biru Di Teluk Bintuni

Istri dari pecatur nasional IM Sean Winshand Cuhendi itu mengatakan dirinya bisa keluar sebagai juara karena selalu fokus dalam pertandingan.

Meskipun dalam kondisi hamil, Dewi tetap tampil baik karena bisa menjaga kondisi dengan baik dengan mengkonsumsi vitamin dan makanan yang sehat.

“Kemarin Mai Hung bermain dengan sangat solid, tapi kebetulan selama pertandingan enam babak, kebanyakan masuk dalam persiapan saya di opening, jadi saya bisa bisa bermain dengan agak sedikit mudah,” ungkap Dewi Citra.

Megaranto Dan Cecilia Juara Kelompok Senior Putra-Putri

Sementara itu, GM Susanto Megaranto dan WCM Cecilia Natalie Liuviann berhasil mengukuhkan diri sebagai yang terkuat dalam Turnamen Japfa Chess Festival 2023 pada kelompok Open dan Senior Putri.

Baca juga : Piala AFC, Bali United Gebuk Wakil Filipina 5-2

GM Susanto Megaranto berhasil keluar sebagai juara setelah meraih 8.5 poin, sementara Cecilia mengukuhkan diri sebagai terbaik di kelompok Senior Putri dengan 6 poin.

Penampilan GM Susanto Megaranto di Japfa Chess Festival 2023 nyaris sempurna. Sampai babak ke-8 dia berhasil melumat semua lawan-lawannya di atas papan dan memastikan diri sebagai Juara meski masih menyisakan satu partai.

Hanya saja pada babak terakhir, yang sudah tidak menentukan bagi posisi Susanto, dia bermain remis dengan IM Tirta Chandra Purnama.

IM Dede Liu berhasilkan mengamankan posisi di belakang Megaranto. Pada babak ke-9, pemain DKI Jakarta ini menahan remis IM Pitra Andika sehingga meraih 7.5 poin. Peringkat ketiga direbut oleh IM Irwanto Sadikin dengan poin 7. Pada babak ke-9, Irwanto melumat IM Farid Firmansyah.

JAPFA Chess Festival ke-13 yang merupakan hasil kerja sama PB Percasi dengan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berlangsung 18-22 Oktober diikuti sebanyak 472 peserta. Ada 13 kategori yang dipertandingkan mulai dari junior putra-putri, veteran 55 tahun ke atas, nonmaster, antara perusahaan dan instansi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.