Dark/Light Mode

Mau Nonton Piala Dunia U-17 di JIS, Ini Rute TransJakarta & Kantong Parkir Mobil-Motor

Jumat, 10 November 2023 13:40 WIB
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Jakarta International Stadium (JIS). (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - DKI Jakarta sebagai salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-17 2023 bersiap untuk menyambut babak kualifikasi grup di Jakarta International Stadium (JIS), yang digelar 11-18 November 2023. Di antaranya, dengan membuka koridor baru Bus TransJakarta dan memperluas lahan parkir JIS.

Ada dua grup, C dan E, yang akan memainkan fase kualifikasinya di JIS. Dari Grup C, ada Timnas Brasil U-17, Timnas Inggris U-17, Timnas Iran U-17, dan Timnas Kaledonia Baru U-17. Sementara di Grup E akan bersaing Timnas Prancis U-17, Timnas Korea Selatan U-17, Timnas Amerika Serikat U-17, dan Timnas Burkina Faso U-17.

Guna memudahkan akses penonton menuju JIS, Pemprov DKI Jakarta sejak akhir Oktober telah membuka koridor baru TransJakarta yakni Koridor 14 rute Senen-JIS. Ada 15 unit bus TransJakarta yang disediakan untuk beroperasi di rute ini. Rute ini juga melalui salah satu kantong parkir penonton saat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yakni JIExpo Kemayoran.

Baca juga : Garuda Muda Unjuk Gigi

Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan tiga kantong parkir, yang terdiri dari parkir JIExpo Kemayoran, area parkir PPK Kemayoran, dan Ancol Timur. Kantong parkir area JIExpo Kemayoran mampu menampung kapasitas sebanyak 8 ribu mobil dan 20 ribu motor. Sedangkan di PPK Kemayoran memiliki kapasitas untuk menampung 144 mobil dan 200 motor.

Untuk memudahkan mobilitas pengguna kendaraan bermotor yang parkir di kantong-kantong parkir tersebut menuju JIS, Dishub DKI menyediakan bus pengantar atau shuttle bus dari kantong-kantor parkir tersebut. Kecuali untuk Ancol Timur, tengah dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO) yang menghubungkan JIS dengan kawasan tersebut.

Untuk shuttle bus, beberapa titik poin telah ditentukan. Pertama rute JIS menuju parking area JIExpo dan kedua rute JIS menuju PPK Kemayoran. Masing-masing shuttle bus berkapasitas 60 tempat duduk, dengan jadwal keberangkatan pada pukul 14.00 WIB-19.30 WIB. Kemudian untuk jadwal pulang dari JIS menuju JIExpo dan PPK Kemayoran akan dimulai pada pukul 18.00 WIB-23.00 WIB. Dengan interval bus setiap 15 menit sekali.

Baca juga : Pildun U-17, DKI Buka Koridor Baru TransJakarta Dan Diperbanyak Parkir Di JIS

Terkait dengan venue, Rabu (8/11), Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan, JIS sudah siap digunakan untuk pertandingan Piala Dunia U-17 2023. "Jakarta sudah siap menggelar Piala Dunia U-17 2023," katanya.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk merenovasi JIS yang akan dipakai sebagai venue Piala Dunia U-17. Renovasi itu mencakup penggantian rumput, penambahan akses kendaraan dan pejalan kaki, hingga pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin membeberkan kesiapan JIS sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17. Menurut dia, area field of play atau lapangan utama sudah selesai dan dalam masa perawatan untuk menjaga kesuburan rumput. "Progres penyempurnaan JIS, khususnya untuk area field of play sudah selesai 100 persen," ucap Iwan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.