Dark/Light Mode

Menpora Yakin Turnamen Catur JAPFA Year End Lahirkan Atlet Berprestasi 

Minggu, 17 Desember 2023 06:43 WIB
Menpora Dito Ariotedjo membuka catur di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12) siang. (Foto : Ist)
Menpora Dito Ariotedjo membuka catur di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12) siang. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Dito Ariotedjo meyapembukaan Turnamen Catur JAPFA Year End 2023 akan melahirkan atlet-atlet berprestasi di pentas internasional.

Turnamen tersebut diikuti sekitar 401 peserta yang berasal dari 18 Provinsi di Indonesia. Turnamen ini  terbagi 5 kategori yang terdiri dari katagori Open yang diikuti sekitar 226 pemain di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12) siang.

Katagori  Putra kelompok U-12 yang dikuti sekitar 79 pemain. Katagori Putra kelompok U-16 diikuti sebanyak 46 pemain. Katagori Putri  kelompok U-12 diikuti sekitar 21 pemain dan katagori Putri kelompok U-16 diikuti sekitar 19 pemain. 

Baca juga : Mahfud Mau Siapkan Arena Bagi Talenta Muda Berprestasi

"Acara ini sangat baik dimana tujuan utamanya adalah  meningkatkan prestasi olahraga Indonesia khususnya di cabor catur. Di turnamen ini saya melihat banyak sekali para pesertanya  dari mulai senior, junior, U-12 dan yang paling muda U-10," kata Menpora.

Pembinaan prestasi catur di Indonesia perlu terus dilakukan dengan harapan prestasi Indonesia di cabor catur terus meningkat. "Karena itu, saya menyampaikan apresiasi kepada PB Percasi yang dengan konsisten selalu mendorong kegiatan-kegiatan perlombaan catur," urainya.

"Dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk JAPFA yang selalu peduli dan juga konsisten mendukung dan mengelar pertandingan catur," ucapnya.

Baca juga : Ganjar Yakin KPU-Bawaslu Mampu Hadirkan Pemilu Berintegritas

Menurutnya, semenjak dirinya dilantik di bulan April sebagai Menpora, Percasi dan JAPFA sudah 4 kali mengelar turnamen catur di Wisma Kemenpora. 

"Ini artinya dari private sektor di mana kontribusi pengembangan olahraga, nampaknya PT. JAPFA sangat berkontribusi dalam mendukung PB Percasi untuk memajukan cabor catur di Indonesia," jelasnya.

Kemenpora, lanjutnya, akan selalu mendukung perkembangan cabor catur terlebih untuk pembinaan dan pelatihan di usia dini. Karena dengan bermain catur sejak dini akan membentuk pola berpikir dan logika generasi muda Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Gelar Turnamen Catur Antar Wartawan Tingkat Nasional Piala Ketua MPR

"Jadi selain nantinya catur bisa  memberikan prestasi bagi merah putih di tingkat internasional tapi juga dengan catur, saya yakin juga bisa berkontribusi besar dalam mencerdaskan bangsa Indonesia yang nantinya membuat negara kita makin maju," tuturnya.

"Dalam kesempatan ini, saya berharap dengan turnamen ini adanya kejuaraan semacam ini akan terus melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk membesarkan nama bangsa Indonesia," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.