Dark/Light Mode

Piala Dunia Antar Club 2023

Ke Final, The Citizens Buru Gelar Keempat

Kamis, 21 Desember 2023 07:00 WIB
Skuad Manchester City saat menaklukan Urawa Reds. (Foto: Net)
Skuad Manchester City saat menaklukan Urawa Reds. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Club Liga Inggris Manchester City menunjukkan dirinya sebagai jawara Eropa. The Citizens sukses melangkah ke final Piala Dunia Antar Club 2023, setelah menang telak atas wakil Jepang, Urawa Reds 3-0 di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, dini hari kemarin.

Di laga tersebut, tim besutan Pep Guardiola tanpa diperkuat penyerang andalannya Erling Haaland. Tiga gol kemenangan City ditorehkan Mateo Kovacic, Bernardo Silva dan gol bunuh diri Marius Hoibraten. Selanjutnya, di partai final, City akan ditantang juara Copa Libertadores, Fluminense pada hari Sabtu (23/12), mendatang. Fluminense melangkah ke final, setelah menaklukkan Al-Ahly.

Kemenangan atas Urawa Reds terjadi saat City tengah menjalani rangkaian hasil buruk di Liga Primer Inggris dengan satu ke­menangan di enam laga terakhir yang membuat mereka tertinggal dari Arsenal dan Liverpool di klasemen sementara. Selain itu, kemenangan ini memperpanjang rekor kemenangan club Eropa melawan club Asia menjadi 14 laga beruntun.

Baca juga : Mali Pantang Pulang Dengan Tangan Hampa

Kyle Walker merupakan pe­main dengan penampilan ter­baik pada laga ini. Walker yang di tempatkan di bek tengah sebelah kanan dalam formasi tiga bek tampil memukau. Satu hal yang begitu menonjol dari penampilannya adalah umpan-umpannya.

Pemain berusia 33 tahun itu tampil bak kreator. Umpan-umpannya kerap mengeliminasi pertahanan garis tinggi yang diterapkan tim lawan.

Guardiola meminta, para pe­main City untuk memanfaatkan kesempatan sekali seumur hidup setelah mencapai final Piala Dunia Antar Club dengan membekuk Urawa Red Diamonds yang berju­luk Rezzu alias The Reds dan Akai Akuma (Setan Merah).

Baca juga : Jelang Final, Ini Pesan Khusus FIFA Ke Pemkot Solo

City sukses mengalahkan jagoan Asia tersebut pada babak semifinal Piala Dunia Antar Club 2023 ini. Jawara Liga Champions Eropa langsung tancap gas sejak peluit kick-off dibunyikan dan mengurung pertahanan Urawa Reds di sepanjang laga.

Kini, dengan hanya menyi­sakan satu partai penentuan, Guardiola meminta anak asuh­nya untuk menuntaskan kom­petisi ini dengan gelar juara. “Kami tidak pernah memenang­kannya (sebelumnya) ini adalah pertama kalinya Manchester City berada di sini,” ujar Pep Guardiola.

“Ini adalah langkah terakhir dan sebuah gelar yang tidak dimiliki club, jadi kami akan meraihnya,” lanjutnya.

Baca juga : Jerman Dan Prancis Ke Final, Erick: Ini Laga Kelas Dunia

“Untuk memainkan partai final ini, Anda harus melakukan hal-hal yang luar biasa, sama halnya dengan memenangkan Liga Champions. Begitu kami berada di sini, mungkin ini adalah trofi yang kami mainkan sekali seumur hidup,” terang Pep Guardiola.

Setelah memenangkan Premier League, Liga Champions, Piala FA, dan Piala Super Eropa, Guardiola telah berbicara ten­tang kompetisi ini sebagai kes­empatan untuk melengkapi trofi-trofi yang sudah mereka raih sebelumnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 21/12/2023 dengan judul Piala Dunia Antar Club 2023, Ke Final, The Citizens Buru Gelar Kempat

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.