Dark/Light Mode

Piala Dunia U-17

Argentina Vs Jerman, Tango Belum Mikirin Gelar Juara

Senin, 27 November 2023 16:13 WIB
Para pemain timnas Jerman di ajang Piala Dunia U-17. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Jerman di ajang Piala Dunia U-17. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Babak semifinal Piala Dunia U-17 2023 akan menyajikan partai besar antara timnas Argentina U-17 vs Jerman U-17 di Stadion Manahan, Solo, Selasa, 28 November 2023.

Duel dijadwalkan mulai pukul 15.30 WIB, disiarkan langsung Indosiar dan platform streaming Vidio.

Kemenangan besar 3-0 atas musuh bebuyutan, Brasil diyakini bisa memberikan motivasi tinggi Argentina.

Claudio Echeverri dan Agustin Ruberto diprediksi bakal kembali menjadi andalan La Albiceleste di lini depan. Keduanya saat ini memuncaki daftar top skor sementara dengan sama-sama mengoleksi lima gol.

Pelatih Timnas Argentina U-17, Diego Placente, mengatakan timnya bakal mengalihkan fokusnya 100 persen ke laga melawan Jerman. Ia mengaku sudah mempunyai sedikit gambaran tentang permainan Der Panzer.

“Sejauh ini, kami belum memikirkan juara. Kami menyadari bahwa kami telah mengambil langkah penting setelah melewati babak perempat final. Pertandingan melawan Jerman akan sulit karena tim yang tersisa di turnamen ini semuanya kuat,” tutur Diego Placente dikutip dari keterangan tertulis tim media Kominfo.

“Saya tidak bisa memberikan banyak komentar, tapi saya tahu kurang lebih bagaimana Jerman bermain, meskipun tidak banyak,” lanjutnya.

Baca juga : Jelang Lawan Mali, Kiper Prancis Siap Jaga Kesucian Gawang

Sementara itu, Timnas Jerman U-17 menggelar latihan di lapangan Kota Barat, Surakarta, Minggu, 26 November 2023 hanya diikuti empat pemain, yakni Almugera Kabar, Maxim Dal, Maximilian Herwerth, dan Kurt Ruger.

Sementara itu para pemain lainnya, termasuk bintang andalan mereka, seperti Noah Darvich, Paris Brunner, Charles Hermann, dan Max

Moerstedt menjalani pemulihan di tempat penginapan. Ketiga pemain ini pula yang diperkirakan bakal menjadi tumpuan penyerangan dalam membongkar pertahanan Argentina.

Pelatih Timnas Jerman U-17, Christian Wueck yakin anak asuhnya dapat mendulang prestasi serupa di Piala Dunia U-17 2023 seperti halnya saat mereka menjuarai Euro U-17 2022.

Ia memastikan mental para pemain Jerman sudah siap melakoni setiap pertandingan yang ada di Indonesia.

“Keyakinan itu ada di sini, seperti halnya di EURO,” kata Wuck kepada FIFA.

“Mungkin kami adalah tim terbaik dalam hal keyakinan. Kami tidak berpikir tentang kekalahan, kami berpikir tentang kemenangan. Secara mental, kami sangat kuat. Sekarang, kami berada di semifinal, kami ingin bertahan hingga 2 Desember 2023, bermain di final, dan menang,” ujarnya.

Baca juga : Jelang Lawan Argentina, Panser Muda Waswas Strikernya Cedera

Pertemuan terakhir Argentina dan Jerman terjadi di Piala Dunia U-17 2015. Kala itu, Der Panzer mampu menggulung La Albiceleste dengan skor telak 4-0.

Argentina diprediksi akan lebih menguasai jalannya pertandingan dengan permainan cepat dan menyerang, seperti yang mereka tunjukkan saat mengalahkan Brazil. Claudio Echeverri bakal diberi kebebasan berekspresi di lini serang La Albiceleste. 

Duetnya dengan Agustin Ruberto di lini depan kembali menjadi andalan dalam membongkar pertahanan Jerman, ditambah kehadiran dua pemain sayap cepat, Ian Subiabre dan Santiago Lopez.

Sedangkan, kubu Jerman diperkirakan akan lebih bermain pragmatis. Berkaca dari laga kontra Spanyol di perempat final Piala Dunia U-17 2023, Noah Darvich dan kawan-kawan menampilkan permainan bertahan dan mengandalkan serangan balik cepat dari sisi sayap yang dihuni Paris Brunner, Charles Herrmann, atau Bilal Yalcinkaya.

Jika Argentina U-17 berburu tiket final perdana, maka Jerman U-17 berharap bisa meraih yang kedua. Ketika masih menyandang nama Jerman Barat, Tim Panzer U-17 sempat menembus final edisi 1985.

Sayang sekali saat itu mereka dikalahkan Nigeria 2-0 di laga puncak.

Kehilangan besar bagi Argentina U-17 lantaran tanpa Santiago López yang sudah menyumbang 2 gol di Indonesia 2023. 

Baca juga : Bekuk Uzbekistan, Harusnya Ayam Jantan Muda Cetak Banyak Gol

Sang winger terkena akumulasi kartu, usai mendapat ganjaran kartu kuning ketika melawan Brasil. Pelatih Timnas Argentina U-17, Diego Placente dapat memilih Thiago Laplace untuk menggantikan Lopez.

Jerman U-17 bisa turun dengan skuad terbaik. Hanya saja mereka mungkin tanpa Charles Herrmann lantaran terkena cedera ketika kontra Spanyol. Herrmann menyusul jejak Assan Ouédraogo yang sudah terlebih dulu absen karena cedera.

Prediksi Susunan 

Argentina U-17 (4-2-3-1) : Jeremías Florentín; Dylan Gorosito, Tobías Palacio, Juan Giménez, Octavio Ontivero; Mariano Gerez, Valentino Acuña; Claudio Echeverri, Thiago Laplace, Ian Subiabre; Agustín Ruberto.
Pelatih: Diego Placente.

Jerman U-17 (4-2-3-1) : Max Schmitt; Eric da Silva Moreira, Finn Jeltsch, David Odogu, Maximilian Hennig; Fayssal Harchaoui, Almugera Kabar; Noah Darvich, Paris Brunner, Bilal Yalcinkaya; Max Moerstedt. 
Pelatih: Christian Wück.

Head to Head Timnas Argentina U-17 vs Timnas Jerman U-17 di Piala Dunia U17:
02-08-1985: Argentina U17 vs Jerman U17 1-1
22-10-2015: Argentina U17 vs Jerman U17 0-4
27-10-2009: Argentina U17 vs Jerman U17 2-1


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.