Dark/Light Mode

Ini Alasan STY Tunjuk Kiper Persikabo Masuk Timnas

Kamis, 21 Desember 2023 05:28 WIB
Penjaga gawang Syahrul Trisna. (Foto : Ist)
Penjaga gawang Syahrul Trisna. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memilih penjaga gawang Syahrul Trisna sebagai kiper utama Indonesia saat pemusataan latihan (TC) di Turki.

STY lebih memilih Syahrul Trisna dibanding Nadeo Argawinata. Apa alasannya? STY mengungkapkan, penjaga gawang Persikabo 1973 itu memiliki ketenangan yang dinilai bakal minim kebobolan.

“Syahrul adalah pemain yang sangat tenang saat pertandingan. Ketika Syahrul main, kemungkinan kebobolan semakin kecil. Jadi, akhirnya saya pilih dia,” kata STY.

Baca juga : Innalillahi, Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto Tutup Usia

Pelatih asal Korea Selatan ini sudah menentukan 29 pemain yang bakal mengikuti TC di Turki, sebelum berlaga di Piala Asia yang berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Ada tiga penjaga gawang yang dibawa yaitu Syahrul Trisna (Persikabo 1973), Muhamad Riyadi (Persis Solo) dan Ernando Ari (Persebaya Surabaya).

Pada TC kali ini, STY secara mengejutkan tak membawa Nadeo Argawinata, meski telah tampil di dua laga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Baca juga : Muzani: Tak Ada Desa Yang Tak Terjamah Prabowo-Gibran

Kendati demikian, STY memiliki alasan tersendiri untuk tak membawa kiper Borneo FC tersebut. Sementara Syahrul Trisna tak dipanggil ke Timnas Indonesia untuk berlaga di dua laga awal Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Bahkan, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan saat Skuad Garuda menghancurkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kendati demikian, Syahrul Trisna sempat tampil di tiga laga FIFA Matchday 2023. Kala itu, ia bermain saat Timnas Indonesia menang 3-1 dan imbang 2-2 dengan Burundi serta saat Timnas Indonesia ditahan imbang 0-0 dengan Palestina.

Baca juga : BRI Liga 1, Persib Bandung Rekrut Kiper Asing Asal Filipina

Di sisi lain, Nadeo Argawinata sempat tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Meski berhasil membawa Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei Darussalam, tetapi ia tak mampu menahan gempuran saat menelan kekalahan 1-5 dari Irak. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.