Dark/Light Mode

Pengamat Nilai Tak Masalah Liga 1 Dihuni 20 Tim

Senin, 8 Januari 2024 22:56 WIB
Pertandingan Liga 1. (Foto: Istimewa)
Pertandingan Liga 1. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Liga 1 2023-2024 sedang memasuki masa jeda. Di sela-sela jeda tersebut, muncul isu bahwa Liga 1 musim 2024-2025 bakal dihuni 20 tim. Pengamat sepak bola menilai, penambahan juga tim ini tidak masalah.

Liga 1 2023-2024 diikuti 18 tim. Nantinya, tiga tim terbawah bakal terdegradasi ke Liga 2 2024-2025, sedangkan tiga tim teratas dari Liga 2 musim ini akan promosi ke Liga 1 musim depan.

Yang menarik, jika wacana Liga 1 20 tim pada musim depan ini disepakati, hanya satu tim Liga 1 yang terdegradasi dan jatah promosi dari Liga 2 tetap sama 3 tim. Wacana Liga 1 dihuni 20 tim ini berkaca dari liga-liga top Eropa. Liga 20 tim juga akan membuat kompetisi semakin kompetitif.

Baca juga : Pengamat: Mustahil Pemilu 1 Putaran

Pengamat sepak bola Indonesia, Kesit Budi Handoyo, menilai tak masalah Liga 1 dihuni 20 tim, dari 18 tim saat ini. Menurutnya, yang harus diperhatikan adalah peningkatan kualitas kompetisi.

"Tidak masalah jumlah peserta di Liga 1, mau 18 atau 20. Yang paling penting adalah kualitas kompetisi harus terus ditingkatkan setiap musimnya. Kan kita mengejar ranking kompetisi AFC, supaya bisa masuk ke papan atas," kata Kesit.

Kesit mengakui, perubahan regulasi Liga 1 bisa ditentukan kalangan Exco (Komite Eksekutif) PSSI, jika ingin mengubah tim peserta langsung pada musim depan. Namun, ia menegaskan semua itu harus dibawa dan lewat persetujuan Kongres PSSI.

Baca juga : Penganiayaan Relawan Ganjar, Basarah: Netralitas Panglima TNI Diuji Di Boyolali

"Tapi, lebih bagusnya konsisten apa yang sudah disepakati di awal. Di awal kan PSSI sudah bertemu dengan para klub Liga 1 dan Liga 2 (Sarasehan), jadi itu dijalankan dulu. Mungkin untuk next season boleh dilakukan penambahan tim peserta di Liga 1, tapi harus kesepakatan Exco dan persetujuan kongres," jelas Kesit.

"Misalnya boleh silakan dari Liga 2 nantinya yang promosi ditambah dari 3 menjadi 5. Atau mekanisme lainnya, supaya Liga 1 jumlahnya menjadi 20 tim. Namun, tetap harus kesepakatan Exco dan persetujuan kongres," lanjutnya.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh mengatakan, jika ada perubahan jumlah peserta kompetisi, tentu akan dibicarakan di kongres. “Kalau ada perubahan, harus lewat kongres. Lalu juga harus ada usulan dari anggota, jadi masuk ke pembahasan kongres,” kata Ahmad Riyadh.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.