Dark/Light Mode

Pengamat: Akademi Sepak Bola Prabowo Bisa Lahirkan Pemain Andalan Timnas

Minggu, 17 Desember 2023 11:33 WIB
Menpora Dito Ariotedjo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Prabowo Subianto menghadiri peresmian Akademi Sepak Bola Garudayaksa, di Kampung Cisaat, Kertarahayu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto:egan/kemenpora.go.id)
Menpora Dito Ariotedjo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Prabowo Subianto menghadiri peresmian Akademi Sepak Bola Garudayaksa, di Kampung Cisaat, Kertarahayu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (Foto:egan/kemenpora.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo menyambut baik kehadiran akademi sepak bola modern milik Prabowo Subianto, Akademi Garudayaksa.

Ia berharap, akan lahir pemain andalan Timnas Indonesia dari akademi ini.

Kesit mengatakan, akademi tersebut merupakan ide  cemerlang dari calon presiden (capres) nomor urut 2 itu, yang langsung diwujudkan dalam bentuk infrastruktur berupa fasilitas lapangan berstandar internasional.

Baca juga : Selangkah Lagi, Pemain Belanda Asal Solo Ini Masuk Timnas

"Harapan ke depan tentunya akan hadir pemain-pemain yang bisa diandalkan untuk tim nasional Indonesia,” ujar Kesit kepada wartawan, Minggu (17/12/2023).

Kompleks Garudayaksa, menurut Kesit, bisa dijadikan pilot project. Fasilitas-fasilitas seperti ini harus lebih banyak dibangun di Indonesia.

"Apa yang dilakukan Prabowo diharapkan akan bisa mendorong banyak pihak yang punya kepedulian terhadap sepak bola untuk ikut juga membangun infrastruktur bertaraf internasional, agar bibit yang dihasilkan benar-benar bagus," harapnya.

Baca juga : Bila Terpilih Di Pilpres 2024, Prabowo-Gibran Pasti Lanjutkan Pembangunan IKN

Namun dia mengingatkan, PSSI juga wajib membangun wadah kompetisi usia muda secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Sebab, jika PSSI tak menyiapkan wadahnya, maka akademi ini akan mubazir karena produk-produk pemain yang dihasilkan tak punya tempat untuk menguji kemampuannya di arena kompetisi," ingat Kesit.

Gedung Sepak Bola Akademi Garudayaksa ini terdiri atas dua lantai dibangun di atas lahan seluas 60 hektare dengan 7 lapangan, satu indoor stadium, plus asrama modern dengan fasilitas komplit serta training center.

Baca juga : Covid Meningkat, Menkes Belum Wajibkan Pemakaian masker

Selain itu, nantinya, juga akan dibangun sekolah unggulan dari mulai SD hingga perguruan tinggi di kompleks akademi ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.