Dark/Light Mode

Milenial Nilai Gaya Bahasa Prabowo Mudah Dipahami Saat Debat Capres

Rabu, 13 Desember 2023 20:18 WIB
Capres Prabowo Subianto saat debat perdana di KPU, Selasa (12/12/2023). Foto: Istimewa
Capres Prabowo Subianto saat debat perdana di KPU, Selasa (12/12/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Penampilan Capres Prabowo Subianto pada debat perdana yang berlangsung mendapat sorotan dari kalangan milenial. Gaya bahasa Capres nomor urut 2 ini dinilai mudah dipahami dan dicerna.

"Sebagai milenial gaya bahasa Pak Prabowo paling mudah dicerna dan dipahami anak muda," ujar Nurkhasanah, Ketua Aliansi Mahasiswa dan Milenial Bersatu (AMMI), Rabu (13/12/2023).

"Menggunakan bahasa masyarakat awam, tidak banyak istilah-istilah asing, dan retorika dan permainan kata kata. To the point ke inti masalah," ujarnya.

Baca juga : Pengamat: Prabowo Kuasai Panggung Debat, Tampil Lebih Luwes dan Jenaka

Selain itu, Nurkhasanah mencatat sikap kenegarawanan Prabowo Subianto yang sangat menonjol pada saat debat capres.

Di antaranya menghormati pencapaian presiden-presiden sebelumnya dan ajakan untuk menjaga kerukunan dan persatuan bangsa.

"Saya mencatat Pak Prabowo memiliki sikap kenegarawanan yang tinggi, yaitu dengan mengakui kontribusi dan hasil kerja para presiden sebelumnya. Selain itu, beliau juga selalu mengajak agar rukun dan bersatu untuk menuju Indonesia maju," kata Nurkhasanah.

Baca juga : Begini Respons Prabowo Ditanya Debat Capres Malam Ini: Debat ‘Kumaha Engke’

Sementara itu, Nurkhasanah menilai kandidat lain terjebak pada permainan kata dan retorika. Sehingga bagi milenial hal itu membuat bingung dan tidak nyambung.

"Secara umum Debat Capres berjalan seru dan menarik. Namun kita bisa melihat perbedaan titik tekan setiap kandidat. Standing point Pak Prabowo terletak pada penyampaian strategi yang relate dengan kehidupan milenial."

"Seperti ajakan untuk menjaga kerukunan dan persatuan bangsa. Bagi kami ini hal penting. Bagaimana mungkin tersedia lapangan kerja dan bisa menyerap tenaga kerja bila kondisi negara semrawut dan tidak aman dan bersatu," terangnya.

Baca juga : Komunikasinya Merangkul, Prabowo Dinilai Sebagai Sosok Pemersatu Warga

Nurkhasah pun menyoroti gaya bicara Prabowo yang tegas dan patriotik. Baginya hal itu tidak terlepas dari latar belakang militer.

"Pak Prabowo melekat dengan gaya patriotiknya, nasionalis, dan tegas, ini disukai kalangan milenial. Saya berharap di debat selanjutnya terus ada konsistensi performa Pak Prabowo agar semakin meyakinkan swing voters untuk memilihnya," tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.