Dark/Light Mode

Indonesia Vs Irak

Pasukan Garuda Pantang Menyerah

Senin, 15 Januari 2024 07:00 WIB
Sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan latihan di Stadion Al Egla 2, Lusail, Qatar, Minggu (14/1/2024). Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Irak dalam pertandingan perdana group D Piala Asia 2023 di Qatar pada Senin (15/1/2024). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/wpa)
Sejumlah pemain Timnas Indonesia melakukan latihan di Stadion Al Egla 2, Lusail, Qatar, Minggu (14/1/2024). Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Irak dalam pertandingan perdana group D Piala Asia 2023 di Qatar pada Senin (15/1/2024). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/wpa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia akan memulai petualangannya pada babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak. Duel ini akan digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar, nanti malam.

Laga perdana ini kemungki­nan bakal berat dilakoni Tim­nas Indonesia bila dilihat dari catatan pertemuan kedua tim. Dari 12 pertemuan, tim Merah Putih dominan menelan keka­lahan.

Rinciannya, Timnas Indone­sia menelan tujuh kekalahan, dua kali menang dan tiga kali bermain imbang. Di pertemuan terakhir Timnas Indonesia bah­kan harus menelan malu karena pasukan asuhan Shin Tae Yong takluk dengan skor 1-5 di Basra.

Baca juga : Indonesia Dorong Pengendalian Perubahan Iklim Dengan Aksi Nyata

Kekalahan itu bahkan menjadi yang terburuk dalam sejarah pertemuan mereka. Penampilan Jordi Amat dan kawan-kawan juga terbilang sangat buruk se­hingga Irak bisa dengan mudah menjaringkan gol demi gol yang bergantian disarangkan Bashar Rasan, Osama Rashid, Youssef Amyn, Ali Al-Hamadi dan gol bunuh diri Jordi Amat.

Sementara itu, dua kemenang­an Timnas Indonesia atas Irak terjadi di Kualifikasi Olim­piade 1968 dan ajang Piala Kemerdekaan tahun 2000. Di Piala Kemerdekaan, Timnas Indonesia menang dengan skor meyakinkan 3-0.

Yang bikin miris lagi, persia­pan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 juga sangat buruk. Mereka tiga kali kalah dalam laga uji coba. Pertama kalah 0-4 dan 1-2 dari Libya, ke­mudian dihajar Iran dengan 0-5.

Baca juga : Artis Replay Indonesia 2023 Rangkum Kejadian Viral Sepanjang Tahun

Rentetan hasil buruk itu tentu saja menjadi pertanda buruk persiapan skuad Timnas Indo­nesia jelang bergulirnya Piala Asia 2023. Apalagi, beberapa gol yang dibuat lawan lahir dari kesalahan pemain Indonesia sendiri.

“Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Me­mang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kita. Apalagi ada tiga gol yang berasal dari kesalahan kita sendiri,” kata pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong seperti dikutip dari laman resmi PSSI, kemarin.

Gelandang Timnas Indone­sia, Ivar Jenner mengungkap­kan bahwa Skuad Garuda sudah dalam kesiapan penuh untuk menghadapi Irak. “Saya rasa persiapannya baik dan kami masih punya dua hari lagi sebe­lum pertandingan, hari ini dan besok menjadi sesi terakhir lati­han. Kami pikir kami siap untuk bertanding menghadapi Irak,” ungkap Ivar saat ditemui sebe­lum sesi latihan di Lapangan Al Egla 4, Lusail, Qatar, kemarin.

Baca juga : Wisuda ke-51, STIE Indonesia Akan Berubah Menjadi Universitas

Pemain kelahiran Belanda ini menuturkan, pertandingan uji coba sebelumnya memang berakhir tidak sesuai harapan. Namun ia dan tim mendapat pelajaran baru sebagai bekal menghadapi Irak pekan depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.