Dark/Light Mode

Kabinet Zaken Ala Ganjar-Mahfud Sangat Mungkin Terwujud

Kamis, 11 Januari 2024 22:13 WIB
Pengamat politik dari Citra Institute Yusak Farchan. Foto: Istimewa
Pengamat politik dari Citra Institute Yusak Farchan. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat politik dari Citra Institute Yusak Farchan mengatakan, konsep zaken kabinet yang ingin dibentuk Capres dan Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Pranowo-Mahfud MD sangat mungkin terlaksana.

Sebab, koalisi pengusungnya lebih ramping dari koalisi lain. Yakni, hanya PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo.

"Kalau bicara postur koalisi, relatif lebih ramping dibanding poros Pak Prabowo," kata Yusak dalam keterangannya, Kamis (11/1/2024).

Baca juga : Elektabilitas Ganjar-Mahfud Puncaki Bursa Pilpres

Meski ramping, menurut Yusak, Ganjar harus membuktikan, jika terpilih nanti dia memiliki kekuasaan penuh untuk menentukan siapa yang ada di kabinetnya.

"Dibutuhkan keberanian presiden terpilih untuk keluar dari bayang-bayang intervensi partai politik pendukung," sebut Yusak.

Dekan FISIP Universitas Pamulang ini menambahkan, konsep zaken kabinet adalah suatu kabinet yang jajaran menterinya berasal dari kalangan ahli dan bukan representasi dari suatu partai politik tertentu.

Baca juga : Perkuat Garda Samudra, Ganjar-Mahfud Janji Naikan Anggaran Pertahanan 2 Persen

Namun, ada celah partai politik masih bisa memasukkan elitnya di kabinet.

"Karena sering kali, partai ini berlindung di balik background para menterinya yang dianggap ahli, atau profesional, meski dia kader partai. Kalau mau benar benar ya dipilih yang tidak punya atribut," ungkap Yusak.

Sebelumnya, Ganjar mengaku sudah mulai memikirkan langkah sat set, untuk membentuk zaken kabinet.

Baca juga : Kaukus Muda Beringin 03 Dukung Ganjar-Mahfud, Ini Peringatan Keras DPP Golkar!

"Hari ini sudah kita cicil, sudah menghitung betul secara teknokratis, kalau kemudian mau kita lakukan sebuah tindakan sat set, apa yang musti dilakukan pertama," kata Ganjar.

Mantan gubernur Jawa Tengah ini memandang persiapan sejak dini perlu dilakukan demi menghadirkan kabinet zaken atau kabinet yang terdiri dari figur ahli. "Kabinet ahli ini memang mesti didorong mulai sekarang," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.