Dark/Light Mode

Piala Asia 2023

Wasit Rugikan Marselino Cs, Indonesia Protes Ke AFC

Selasa, 16 Januari 2024 10:57 WIB
Marselino Ferdinan . (Foto : ist)
Marselino Ferdinan . (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Laga timnas Indonesia vs Irak menyisakan masalah. PSSI resmi melayangkan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) karena keputusan wasit yang dianggap tidak adil.  

Pertandingan perdana kedua tim grup D tersebut berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin (15/1) dan berakhir dengan kemenangan 3-1 untuk Irak.

Wasit yang memimpin pertandingan, Tantashev Ilgiz tidak adil karena mengesahkan gol kedua Irak yang diciptakan oleh Osama Rashid.

Baca juga : Indonesia 1-3 Irak, STY: Gol Kedua 100 Persen Offside

Kontroversi terjadi saat Osama Rashid mencetak gol pada menit ke-45+7. Rekaman menunjukkan Mohanad Ali berada dalam posisi offside sebelum gol tersebut, namun setelah pemeriksaan VAR, gol tersebut tetap disahkan.

"Tentu kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Manajer timnas, Endri Erawan.

Endri mengatakan surat protes memang tidak akan mengubah hasil pertandingan.

Baca juga : Doa Victor Igbonefo Buat Timnas Indonesia

"Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan," tambah pria yang juga anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut.

Sementara itu, Marselino Ferdinan juga kecewa dengan hasil ini, apalagi terkait disahkannya gol kedua tim Irak.

"Kami tidak beruntung di laga perdana ini. Seluruh pemain telah berjuang keras dan maksimal. Namun ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tapi jadi gol," kata Marselino.

Baca juga : Indonesia Vs Irak, Ivar Jenner Hadapi Kawan Di Utrecht

Pada pertandingan ini, Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol satu-satunya Indonesia. Pemain asal klub KMSK Deinze Belgia tersebut mencetak gol pada menit ke-37.

Selanjutnya timnas Indonesia akan melawan Vietnam pada Jumat (19/1) dan Jepang hari Rabu (24/1). Dua laga ini, skuad Garuda wajib meraih poin agar menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.