Dark/Light Mode

Jelang Piala Asia

Irak Tak Remehkan Indonesia

Jumat, 12 Januari 2024 07:00 WIB
Timnas Irak. (Foto: Instagram @iraqnt_en)
Timnas Irak. (Foto: Instagram @iraqnt_en)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyerang Timnas Irak Merchas Doski ingin melupakan pertemuan terakhir dengan Timnas Indonesia, jelang laga perdana Grup D Piala Asia 2023 di Stadion Ahmed bin Ali, Qatar, Senin (15/1/2024). Pemain berusia 24 tahun itu ogah meremehkan skuad Garuda di Piala Asia 2023.

Irak tergabung di Grup D bersama Indonesia, Vietnam dan Jepang di Piala Asia 2023.

Di atas kertas, tim berju­luk Singa Mesopotamia itu lebih diunggulkan ketimbang Indonesia. Sebab, Irak memiliki ranking FIFA yang lebih baik, yakni 63 dunia. Unggul atas Indonesia yang menempati peringkat 146 dunia.

Selain itu, Irak juga sukses memenangkan pertandingan kontra Timnas Indonesia dengan skor 5-1 pada pertemuan terakhir mereka. Pertemuan itu terjadi di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Kamis (16/11/2023).

Baca juga : Prabowo: Saya Rival Jokowi 2 Kali, Tapi Tak Saling Benci Karena Cinta Indonesia

Meski diunggulkan, Merchas Doski menyebut Irak harus melupakan pertemuan terakhir dengan Timnas Indonesia. Dia tidak mau merendahkan Garuda di Piala Asia 2023, meski tahu permainan pasukan Shin Tae-yong.

“Grup ini sulit, kami bermain melawan Indonesia dan Vietnam di kualifikasi Piala Dunia, jadi kami mengenal mereka dengan baik. Tapi kami harus melupakan pertandingan terakhir melawan mereka, karena ada kompetisi baru. Semua memulai dari awal lagi,” ungkap Merchas Doski.

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia akan bertemu Vietnam pada Jumat (19/1/2024) dan ditantang Jepang pada Rabu (24/1/2024). Nantinya, hanya juara grup, runner-up grup dan empat tim peringkat ketiga ter­baik yang berhak melaju ke ba­bak 16 besar Piala Asia 2023.

Sementara, Pelatih Indonesia Shin Tae-yong percaya diri bisa membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan di Piala Asia 2023.

Baca juga : Jelang Piala Asia, Skuad Garuda Dipermak Iran 5-0

Faktornya, karena Shin Tae-yong merasa memiliki banyak pengalaman di berbagai turna­men termasuk saat melatih Timnas Indonesia hingga Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Faktor lainnya, Timnas Indonesia diperkuat banyak pe­main berkualitas, seperti Elkan Baggott hingga Ivar Jenner.

“Saya punya banyak pen­galaman di turnamen dan saya menggunakannya untuk berko­munikasi dengan para pemain. Ini memberi saya kepercayaan diri. Semuanya akan saya coba manfaatkan berdasar­kan pengalaman saya. Jujur saja, Indonesia adalah tim yang berkualitas. Saya tahu harus melangkah ke mana dan memimpin tim menuju keme­nangan,” katanya.

Lebih lanjut, kemenangan yang ditargetkan Shin Tae-yong, yakni menjungkalkan Vietnam. Sementara itu, dia menargetkan Timnas Indonesia mampu mena­han Irak agar bisa menjaga asa lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca juga : Jelang Malaysia Open 2024, Jojo Cs Jajal Lapangan

“Saya pikir hasilnya mungkin 1 kemenangan, 1 seri dan 1 kekalahan di babak penyisihan grup. Kita harus mengalahkan Vietnam dan berusaha menda­patkan setidaknya hasil imbang dengan Irak,” katanya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 12/1/2024 dengan judul Jelang Piala Asia, Irak Tak Remehkan Indonesia   

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.