Dark/Light Mode

Digebuk Indonesia, Pelatih Vietnam Di Ujung Tanduk

Senin, 22 Januari 2024 05:15 WIB
Philippe Troussier. (Foto : ist)
Philippe Troussier. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Buntut tersingkirnya Vietnam di ajang Piala Asia 2023 berdampak pada sang pelatih. Philippe Troussier kabarnya bakal menjadi pelatih pertama yang dipecat dari kursi kepelatihan usai Piala Asia 2023.

Kabar pemecatan Troussier menjadi perhatian penikmat sepak bola di Asia. Ini terjadi setelah ia gagal membawa Vietnam menang saat menghadapi Timnas Indonesia pada laga kedua Grup D Piala Asia 2023.

Pada pertandingan yaang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat (19/4/2024) malam WIB, Vietnam kalah dengan skor 0-1 melalui gol yang dicetak Asnawi Mangkualam melalui titik putih.

Hasil ini tentunya sangat mengecewakan buat publik sepak bola di Negeri Naga Biru. Pasalnya, sebelum pertandingan tersebut Timnas Indonesia punya catatan minor dengan belum pernah menang dalam enam pertandingan sebelumnya di semua kompetisi.

Baca juga : Koleksi 3 Angka, Timnas Indonesia Bayar Tunai Janji Kalahkan Vietnam Malam Ini

Alih-alih ingin memperburuk keadaan, Troussier justru membantu Indonesia mengakhiri rekor buruk tersebut. Tak hanya skuad Garuda saja, Shin Tae-yong juga berhasil menghapus rapor merah melawan Vietnam, yang sebelumnya belum pernah menang.

“Tim Vietnam bingung. Pelatih Troussier juga mengalami krisis kepercayaan. Pelatih pertama yang mungkin dipecat setelah Piala Asia terungkap dan kekalahan 7/8 pertandingan berturut-turut terakhir di semua kompetisi merupakan hasil mengecewakan bagi mantan pelatih di Liga Super China tersebut,” tulis laporan media China.

Lebih lanjut, media China melaporkan bahwa Troussier harus bertanggung jawab atas hasil minor ini. Sebelumnya, pelatih berkacamata itu pernah memimpin tim Jepang menjuarai Piala Asia 2000.

Namun sejak itu, pelatih Troussier tidak lagi meraih hasil kepelatihan yang luar biasa. Ia pernah melatih tim Shenzhen di Liga Super China namun kemudian tim tersebut terdegradasi.

Baca juga : Duel Sengit, Timnas Garuda Wajib Menang

Selain itu, pengalaman melatihnya bersama tim Zhejiang juga tak membawa kesuksesan. Bersama tim Vietnam, mantan pelatih Park Hang-seo memimpin tim selama lima tahun dengan banyak kesan.

Ketika Coach Troussier menggantikan Coach Park, tim Vietnam sepertinya mengalami kemunduran. Pelatih Troussier dipertanyakan dan waktunya untuk meninggalkan tim Vietnam mungkin tidak lama lagi.

Troussier menerapkan filosofi peremajaan pada tim Vietnam. Namun hal itu menyebabkan tim mengungkapkan kelemahan pengalaman bermain hingga tersingkir lebih awal dari Piala Asia 2023.

Troussier dikenal sangat mendukung peremajaan di skuad Vietnam sejak ia menjabat. Khususnya, pemain-pemain lama seperti Nguyen Cong Phuong, Nguyen Quang Hai dan sejumlah nama lain tak lagi dilibatkan di Piala Asia 2023 karena berbagai alasan.

Baca juga : Dorong Exposure Internasional, Pelindo Hadir Di Ajang Travel Trade Fair Belanda 

“Hal itulah yang menyebabkan tim muda Vietnam tampil tidak berpengalaman dalam pertarungan sesungguhnya dan segera tersingkir dari Piala Asia 2023,” tulisnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.