Dark/Light Mode

Indonesia Vs Vietnam

Duel Sengit, Timnas Garuda Wajib Menang

Jumat, 19 Januari 2024 07:00 WIB
Sejumlah Pesepak bola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Usail, Qatar, Kamis (18/1/2024). Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menargetkan kemenangan saat bertanding melawan Timnas Vietnam pada pertandingan kedua grup D Piala Asia 2023 di Qatar pada Jumat (19/1), untuk membuka peluang lolos ke babak selanjutnya. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz)
Sejumlah Pesepak bola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Usail, Qatar, Kamis (18/1/2024). Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menargetkan kemenangan saat bertanding melawan Timnas Vietnam pada pertandingan kedua grup D Piala Asia 2023 di Qatar pada Jumat (19/1), untuk membuka peluang lolos ke babak selanjutnya. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wajib menang. Itulah hasil yang harus diraih Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, malam nanti.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan tidak ada pilihan lain selain menang, mengingat Indonesia menelan kekalahan di laga perdana atas Irak 1-3. Akibatnya, Tim Garuda menempati juru kunci di Grup D.

“Laga ini akan sangat penting dan juga penting bagi Vietnam karena sama-sama kalah di pertandingan pertama. Kami tidak punya pilihan selain menang,” ungkap Shin Tae-yong dalam jumpa pers jelang laga, Kamis (18/1/2024).

Baca juga : Timnas Dituntut Berbenah

Pertarungan ini bisa dibilang menjadi duel panas. Mengingat, kedua tim sudah sering bersua di level Asia Tenggara. Bahkan, Vietnam dan Timnas Indonesia juga satu grup di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Kami sudah berkali-kali sal­ing berhadapan. Tidak hanya di Piala Asia, tetapi juga bertemu di Kualifikasi Piala Dunia 2026,” sambungnya.

Shin Tae-yong menargetkan membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan. Tidak ada cara lain selain meraih tiga poin guna menjaga asa lolos 16 be­sar Piala Asia 2023. Untuk itu, pertandingan melawan Vietnam akan menjadi penentu nasib skuad asuhannya untuk terus melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Baca juga : Usai Laga Indonesia Vs Irak, Erick Akui Skuad Garuda Perlu Berbenah

“Pada pertandingan pertama kami sama-sama kalah. Jadi, laga besok akan bernilai penting dan kami harus menang untuk bisa lolos ke babak selanjutnya,” ungkap Shin Tae-yong.

Setelah Vietnam, Indonesia masih memiliki pertandingan ketiga melawan Jepang. Namun melihat kualitas permainan dan peringkat Jepang di Asia, peluang Indonesia mendulang poin kemenangan dari mereka terbilang kecil.

Sedangkan Vietnam, meski juga mengalami kekalahan saat menghadapi Jepang 4-2, tim berjuluk The Golden Star itu mampu memberikan kesulitan bagi lawannya.

Baca juga : Indonesia: Pemain Utama Stabilitas Dan Kerja Sama Di ASEAN

Vietnam sempat menciptakan keunggulan 2-1 atas tim berju­luk The Samurai Blue tersebut, sebelum dibalas dengan kekala­han 2-4. Lalu pada laga ketiga, Vietnam akan menghadapi Irak yang mengalahkan Indonesia pada laga pertama.

Shin Tae-yong menilai, per­temuan timnya dengan kesebela­san asuhan Philippe Troussier itu akan berlangsung sangat sengit. Kedua tim juga sudah berulang kali bertemu dalam sejumlah turnamen, sehingga sudah saling memahami karakter permainan lawan masing-masing.

Shin Tae-yong juga melihat ekosistem sepak bola di Asia Tenggara sedang berkembang. Karenanya, baik Indonesia dan Vietnam dipastikan akan ber­main ngotot demi mengunci kemenangan perdana di ajang tersebut. “Semoga tim bisa ber­main lebih baik dari kemarin dan performa mereka meningkat saat bertemu Vietnam,” harapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.