Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Tunisia Beri Kuliah Umum Di Universitas Carthage

Rabu, 3 Januari 2024 06:50 WIB
Dubes Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi berbicara di Fakutas Bahasa Universitas Carthage, Tunis, Tunisia, 29 Desember 2023. (Foto KBRI Tunis)
Dubes Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi berbicara di Fakutas Bahasa Universitas Carthage, Tunis, Tunisia, 29 Desember 2023. (Foto KBRI Tunis)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Tunisia, Zuhairi Misrawi memberikan kuliah umum di Kelas Bahasa Indonesia, di Fakultas Bahasa, Universitas Carthage di Tunis, Jumat (29/12/2023). Aktivis Nahdlatul Ulama itu bercerita mengenai asal mula diadakannya kelas tersebut.

Awalnya, lanjut Misrawi, ada permintaan dari Universitas Carthage agar dibuka kelas pembelajaran Bahasa Indonesia. Ia menyambut niat tersebut, hingga pada semester ini dibuka kelas Bahasa Indonesia untuk pertama kalinya. Kelas pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung selama satu semester.

Baca juga : Hore, Orang Asli Papua Bisa Sekolah Sampai Universitas

“Kelas ini dapat menjadi jembatan diplomasi Indonesia dan Tunisia di masa mendatang,” katanya.

Dubes Zuhairi semakin senang karena peminat kelas Bahasa Indonesia mencapai 80 orang. Hal ini berarti Indonesia mulai dikenal luas di Tunisia. Ia juga mengapresiasi terlaksananya kelas tersebut.

Baca juga : Top! Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur Di Dunia

Menurut Zuhairi, Kedutaan Be￾sar Republik Indonesia (KBRI) Tunis memberi perhatian pada diplomasi kebudayaan, di antaranya dengan memprioritaskan pembelajaran Bahasa Indonesia di berbagai kampus di Tunisia.

Kelas Bahasa Indonesia mer￾pakan salah satu program kerja sama antara KBRI Tunis dengan Universitas Carthage. Selanjutnya, tahun ini, KBRI akan membuka beberapa Indonesian Corner di sejumlah tempat di Tunis, yang di dalamnya ada kelas Bahasa Indonesia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.