Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

ADS: Kongres Pemilihan Komite Eksekutif PSSI 2 November Cacat Hukum

Selasa, 22 Oktober 2019 10:30 WIB
Andi Darussalam Tabusalla (kanan) dan La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Dokumen Pribadi).
Andi Darussalam Tabusalla (kanan) dan La Nyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Dokumen Pribadi).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kongres Pemilihan Komite Eksekutif PSSI yang akan digelar 2 November 2019 di Jakarta, diyakini cacat hukum. Hal itu diungkapkan oleh Andi Darussalam Tabusalla, calon anggota Komite Eksekutif PSSI.

Menurut pria yang disapa ADS itu, sesuai dengan pasal 27 ayat 1 Statuta PSSI tentang pemilihan, secara jelas disebutkan jika PSSI mengadopsi peraturan yang sesuai dengan statute dan FIFA Standard Electoral Code. Pasal tersebut berbunyi:
(1) Tata cara pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan anggota-anggota Komite Eksekutif diatur dalam Peraturan-peraturan yang sesuai dengan Statuta dan FIFA Standard Electoral Code.

Baca juga : Komite Pemilihan Minta Caketum PSSI Patuhi Peraturan

Di sini jelas acuannya adalah FIFA Standard Electoral Code, dimana kita tahu bahwa dalam pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan harus dilakukan enam belum sebelum kongres pemilihan itu sendiri dijalankan oleh asosiasi anggota FIFA,” ungkap ADS.

Dalam article 4 bagian ketiga dan FIFA Standard Electoral Code yang mengatur tentang pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan disebutkan : 3) The ordinary general assembly at which the Committee is elected shall take place at least six months before the elective general assembly at which the executive body is elected. (Kongres biasa dimana komite dipilih harus berlangsung sekurangnya enam bulan sebelum pertemuan umum/kongres pemilihan dimana badan tersebut dipilih).

Baca juga : Kongres Luar Biasa PSSI November 2019 Ditempatkan di Kalimantan

“Di sini jelas, bahwa PSSI telah membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan pada Juli 2019. Menurut aturan FIFA itu maka kongres minimal dijalankan enam bulan setelah komite-komite itu dibentuk. Kalau digelar 2 November 2019 maka belum genap enam bulan,” ucap ADS.

PSSI sendiri sudah disetujui oleh FIFA untuk menggelar Kongres Pemilihan pada 25 Januari 2020. Namun tanpa alasan yang jelas mereka berkirim surat ke FIFA agar bisa mengajukan kongres pemilihan ke tanggal 2 November 2019.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.