Dark/Light Mode

Catat Sejarah Lolos Ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Garuda Ditunggu Tim Kanguru

Sabtu, 27 Januari 2024 07:00 WIB
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar sebagai tiga terbaik dan akan menghadapi Timnas australia pada Minggu (28/1/2024). (ANTARAFOTO/Yusran Uccang)
Sejumlah Pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Jumat (26/1/2024). Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar sebagai tiga terbaik dan akan menghadapi Timnas australia pada Minggu (28/1/2024). (ANTARAFOTO/Yusran Uccang)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Indonesia membuat sejarah baru. Tim Merah Putih untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar, melalui jalur peringkat ketiga terbaik bersama Suriah, Palestina dan Yordania.

Kepastian itu didapat, setelah laga Oman kontra Kirgistan berakhir imbang dengan skor 1-1. Di babak 16 besar, tim asuhan Shin Tae-yong ini akan menghadapi juara Grup B yaitu Australia.

Hasil pertandingan Oman ver­sus Kirgistan itu memang berperan dalam meloloskan Merah Putih ke babak gugur, tapi itu tak memupus fakta bahwa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan sudah melalui fase grup dengan baik. Mereka melalui tiga pertandingan berat di satu grup neraka bersama lawan-lawan berperingkat jauh di atasnya, yang di satu sisi telah menempa level perjuangan dan kualitas tim asuhan Shin Tae-yong itu.

Di Grup D, Jepang menduduki peringkat FIFA tertinggi dengan 17, disusul Irak 63, Vietnam 94, sedangkan Indonesia rangking 146. Jepang yang merupakan tim Asia berperingkat FIFA tert­inggi saat ini, adalah runner up Piala Asia 2019, selain negara yang paling sering mengangkat trofi Piala Asia, sebanyak empat kali.

Baca juga : Tanggapi Timnas Lolos Babak 16 Besar, Ini Harapan Jokowi Jelang Lawan Australia

Sedangkan Irak merupakan juara Piala Asia 2007 ketika empat negara Asia Tenggara termasuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia tahun itu. Jadi, walau kalah dari dua rak­sasa sepak bola Asia, lolos dari grup neraka sudah merupakan pencapaian besar.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) men­gungkapkan kebahagiaannya ketika skuad asuhannya men­gukir sejarah saat dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya. “Kami sangat bersyukur, hari ini saya sangat happy. Terima kasih banyak,” ungkap STY.

Meski menelan dua kekalahan dari laga kontra Irak dan jepang, namun Indonesia bisa lolos ke fase gugur berbekal tiga poin dari kemenangan tunggal atas Vietnam. Indonesia juga cukup beruntung, karena masih berada di posisi keempat dari tim per­ingkat ketiga terbaik, di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah yang kompak mengantongi empat poin.

“Walaupun kita satu kali me­nang dan dua kali kalah, tapi para pemain bekerja keras di setiap pertandingan. Itu mung­kin yang mempengaruhi hasil saat ini,” kata Shin.

Baca juga : Pesta Gol, Bournemouth Lolos 16 Besar Piala FA

Shin sangat bersyukur bisa membawa timnya keluar dari fase grup. Ia mengapresiasi kerja keras Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dalam setiap pertandingan yang dimainkan. “Tanpa kerja keras mungkin Yang di Atas tidak memberikan kesempatan seperti ini. Tuhan tahu bagaimana kerja keras kita untuk ke 16 besar,” kata Shin.

Sementara itu, Asnawi turut berkomentar atas keberhasilan timnas membuat sejarah di sepak bola Tanah Air. “Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan men­jawab doa dan usaha kita,” tutur Asnawi.

Meski sudah melewati kece­masan, STY belum sepenuhnya tenang. Pelatih asal Korea Selatan ini akan diuji tim tangguh Australia di babak 16 besar. Apalagi, Indonesia memiliki catatan bu­ruh atas Tim Kanguru, yaitu Tim Garuda baru sekali menang dalam 18 pertemuan terakhir.

Tapi sekali lagi, dalam sepak bola tidak ada yang tak mungkin. Bisa jadi, Timnas Indonesia yang dianggap sebagai kuda hi­tam dari Asia Tenggara mampu mengejutkan Australia. Akankah Shin Tae-yong mampu meng­guratkan tinta emas di laga melawan Australia?

Baca juga : Hore, Indonesia Cetak Sejarah Lolos Babak 16 Besar Piala Asia

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 27/1/2024 dengan judul Catat Sejarah Lolos Ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Garuda Ditunggu Tim Kanguru     

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.