Dark/Light Mode

Siswa Sumsel Torehkan Prestasi di Kejuaraan World Robotic Center Competition Malaysia

Sabtu, 17 Februari 2024 21:18 WIB
Siswa-siswi SMK Negeri 2 Palembang membuat harum nama Indonesia di kancah internasional berkat prestasi yang ditorehkan mereka. (Foto: Istimewa).
Siswa-siswi SMK Negeri 2 Palembang membuat harum nama Indonesia di kancah internasional berkat prestasi yang ditorehkan mereka. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sumatera Selatan (Sumsel) membuat harum nama Indonesia di kancah internasional berkat prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi SMK Negeri 2 Palembang.

Mereka berhasil membawa kemenangan pada ajang Championship of World Robotic Center Competition 2024 di Multimedia University, Cyberjaya Malaysia.

Pada ajang tersebut, Kemas Atin berhasil meraih posisi 1 Runner Up of Creative Robot.

Baca juga : Akusara Sukseskan Wardah Ever Glasting World 2024 Dengan Sensory Marketing

Kemudian, melalui ajang Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-MK) Tahun 2023 Aanda Thareqh Maulana dan M Ihsan Junialdi mendapatkan Juara 2 Cabang Mobile Robotic yang digelar di Jawa Timur di Kota Surabaya pada 23-28 Oktober 2023.

Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Palembang Suparman mengaku sangat bangga atas prestasi anak didiknya yang berhasil membawa nama baik sekolah, khususnya Provinsi Sumsel hingga kancah internasional.

Suparman mengatakan, untuk meraih prestasi tersebut bukanlah hal yang mudah dikarenakan dilakukan dengan teliti dan kerjasama antara peserta maupun pembimbing.

Baca juga : Menteri Siti Sukses

"Kita juga membuat program dan menguji strategi setelah kami mendapatkan kisi-kisi soal lomba, dimana ada perubahan arena lomba yang membuat kami harus modifikasi robot kami," kata Suparman dalam keterangan resminya, Sabtu (17/2/2024).

Tak hanya itu, tim peserta merancang desain modifikasi robot agar lebih efisien saat bekerja dan dapat melalui abstacle di arena. Bahkan, melakukan pengujian final sebelum berangkat ke Surabaya untuk berkompetisi.

"Kita juga mengesekusi rancangan modifikasi yang telah dibuat pada robot. Melakukan pengujian final sebelum berangkat Surabaya, meski sempat terdapat kerusakan di komponen robot namun kami bisa mengatasinya di penilaian selanjutnya," ujarnya.

Baca juga : 6 Siswa SMP Wakili Indonesia di Ajang Olimpiade Sains Internasional Di Thailand

Selanjutnya, kata Suparman, saat penilaian hari pertama lomba melakukan perakitan dan uji coba gerakan dasar robot. Setelah itu, di hari kedua mulai melakukan tugas yaitu meletakan kubus obat ke ruangan sesuai perintah.

Terakhir, hari ketiga mendapatkan tugas paling sulit dengan meletakan kubus ke ruangan dan mengembalikannya kembali ke tempat semula berdasarkan urutan.

"Alhamdulilah kami sebagai perwakilan dari Sumsel di bidang lomba mobile robotics mendapatkan juara 2," jelas Suparman.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.