Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SEA Games, Menpora Minta Pencak Silat Rebut Semua Medali

Selasa, 29 Oktober 2019 04:58 WIB
Menpora Zainudin Amali saat kunjungan ke Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali saat kunjungan ke Padepokan Pencak Silat di TMII, Jakarta. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zaenuddin Amali berharap cabang olahraga pencak silat merebut semua medali emas di ajang SEA Games Filipina yang akan digelar mulai 31 November hingga 12 Desember 2019.

Harapan tersebut disampaikan Zaenuddin saat melakukan kunjungan di Pelatnas pencak silat yang berlokasi di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Senin (28/10).

Menurut Zainudin, Pencak silat yang mempertandingkan sembilan nomor jadi andalan Indonesia meraih medali. "Jangan sampai ada satu nomor pun yang terlepas. Semuanya harus diambil. Jangan berpikir kalau kita sabet semua, negara lain malah tidak mau ikut tanding lagi,” kata Zaenuddin di Jakarta, Senin (28/10).

Baca juga : Siang Ini, Gibran Datang Bersilaturahmi ke Rumah Megawati

Mnurut dia, saat ini pencak silat sudah bukan lagi merupakan olahraga kampung, tetapi justru sudah mendunia. Oleh karena itu, dia berharap prestasi pencak silat Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Silat bukan lagi olahraga kampung, sekarang sudah mendunia, bahkan di Amerika saja sudah mulai digemari. Jangan sampai olahraga yang lahir di negara kita ini, malah membuat prestasi kita menurun, sementara negara lain malah meningkat,” ujar Zaenuddin.

 Manajer Tim Pencak Silat Indonesia Sunarno menuturkan hanya mematok tiga sampai empat medali emas dari total sembilan emas yang diperebutkan di SEA Games Filipina nanti.

Baca juga : Jadi Wapres Ke-13, Ma`ruf Amin Tak Takut Sial

“Kami tidak bisa menyapu bersih sembilan medali emas yang diperebutkan, karena kita juga harus memperhitungkan lawan berat, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Filipina. Tapi setidaknya kami bisa menargetkan tiga sampai empat medali emas,” tutur Sunarno.

Dia mengungkapkan SEA Games dan Asian Games merupakan ajang yang berbeda. Apabila pada Asian Games 2018, tim pencak silat Indonesia mampu meraih 14 medali emas dari total 16 medali emas yang diperebutkan, pencapaian tim Indonesia mungkin akan berbeda di SEA Games nanti.

“Di Asian Games 2018, pencak silat pertama kali dipertandingkan, sehingga bisa menjadi lumbung medali emas. Tapi di SEA Games 2019, hanya sembilan nomor yang dipertandingkan, lebih sedikit medali emasnya. Itu berarti persaingan akan lebih ketat lagi,” ungkap Sunarno. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.