Dark/Light Mode

Timnas U-16, Tahap Pertama 98 Pemain Diseleksi Nova

Kamis, 29 Februari 2024 14:52 WIB
Proses seleksi timnas U-16. (Foto : Ist)
Proses seleksi timnas U-16. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih timnas U-16, Nova Arianto sudah menyeleksi 98 pemain yang akan mengisi timnas U-16. Ini merupakan seleksi tim U-16 Indonesia tahap pertama yang rampung digelar pada Rabu (28/2). 

"Akhirnya kita bisa menyelesaikan seleksi tahap pertama dari gelombang satu, dua, dan tiga. Kita bisa melihat potensi-potensi mereka dan mendapatkan beberapa pemain," kata Nova Arianto. 

Baca juga : Timnas U-16, Nova Cari Pemain Berpostur Di Atas 175 Cm

"Tetapi kita masih mencari pemain-pemain dari kompetisi Elite Pro Academy yang lolos di delapan besar dan rencananya kita akan seleksi lagi setelah FIFA Matchday di akhir Maret," tambahnya. 

Nova juga menyatakan bahwa mental dan fisik pemain seleksi yang ada masih perlu pembenahan. Untuk itu, dirinya perlu mengasah kemampuan pemain dengan intens. 

Baca juga : Top, Ekspor Perikanan Dari Pelabuhan Bitung Digenjot

"Secara fisik, kami melakukan tes VO2 Max, kita bisa melihat secara garis besar, fisik pemain masih kurang. Sehingga, saya melihat mereka bermain 2x25 menit saja banyak yang kram," jelas Nova. 

Nova menilai, para pemain justru bisa kuat bermain selama 2x35 menit di Elite Pro Academy (EPA) hingga Piala Soeratin. 

Baca juga : Timnas Amin Apresiasi Rencana Pertemuan Mega-JK

"Analisis kami, mereka bisa mengatur kapan mau joging, jalan, atau lari. Kalau mereka ingin masuk ke tim U-16, mereka harus bermain dengan filosofi saya. Saya membutuhkan pemain-pemain yang mempunyai fisik yang oke. Saya melihat fisik dasar mereka masih jauh dari harapan," tukas Nova yang juga menjadi asisten pelatih timnas Indonesia dan tim u-23 tersebut. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.