Dark/Light Mode

Selancar Ombak, Rio Waida Raih Tiket Olimpiade

Senin, 4 Maret 2024 06:30 WIB
Atlet selancar, Rio Waida. (Foto: Instagram)
Atlet selancar, Rio Waida. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar manis datang dari cabang selancar ombak Indonesia. Atlet selancar andalan, Rio Waida berhasil meraih tiket Olimpiade Paris 2024, setelah tampil ciamik di ajang kualifikasi ISA World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico, kemarin.

Rio berhasil merebut slot Olim­piade Paris, setelah menyele­saikan babak Repechage 10 pada urutan kedua dengan 10,93 poin untuk melaju ke Repechage 11 ajang yang digelar Asosiasi Surf­ing Internasional (ISA) tersebut.

“Ini merupakan suatu hal yang membanggakan mengingat Rio dua kali berhasil bisa ma­suk Olimpiade. Kemarin yang di Tokyo, sekarang di Paris. Dan kemarin yang di Tokyo itu adalah pertama kalinya surfing masuk diperlombakan di Olim­piade,” kata pelatih kepala tim nasional surfing Indonesia, Arya Subyakto, kemarin.

Menurut Arya, ini menanda­kan bahwa cabang surfing harus mendapatkan perhatian lebih, karena menjadi cabang ketujuh yang mendapatkan tiket Olim­piade. “Semoga dengan prestasi Rio ini kita dapat perhatian dan kita akan melahirkan atlet-atlet lainnya,” ujarnya.

Baca juga : Kalau Nekat Mangkir Lagi, Firli Terancam Ditangkap

Selain Rio Waida, Indonesia mengirimkan tiga atlet lainnya untuk mengikuti ajang terakhir kualifikasi Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga surfing. Mereka adalah I Ketut Agus Aditya Putra, Dhany Widianto, dan Jasmine Michelle Studder untuk sektor putri.

Namun, perjuangan mereka kandas pada babak awal. Se­mentara, perjalanan Rio dalam mendapatkan tiket Olimpiade juga tidak mudah karena ha­rus melalui babak Repechage setelah keluar dari main round.

“Ini sangat luar biasa dan sangat indah. Itu alasan kenapa saya datang ke kejuaraan ini. Terakhir kali saya lolos kualifi­kasi untuk Tokyo, rasanya luar biasa dan sekarang saya ingin melakukannya lagi,” kata Rio, dikutip dari keterangan resmi NOC Indonesia, kemarin.

“Saya akan terus berjuang untuk negara saya, selalu,” ujar atlet asal Bali ini.

Baca juga : Beras Naik, Petani Rugi

International Surfing Asso­ciation (ISA) World Surfing Games 2024 di Arecibo, Puerto Rico merupakan ajang kualifi­kasi terakhir menuju Olimpiade 2024 Paris, di mana surfer yang berada di tiga besar repechage 12 dipastikan meraih tiket Olim­piade.

Karena ada surfer yang su­dah meraih tiket ke Olimpiade 2024 di kualifikasi sebelumnya atau sudah memiliki dua wakil senegara, empat tiket tersisa di­berikan kepada para peselencar terbaik yang melaju ke repe­chage 10. Meskipun Rio sudah mendapatkan tiket Olimpiade Paris 2024, ia masih akan terus melanjutkan kompetisi ke babak 11 repechage.

Bagi Rio, ini menjadi kali kedua berturut-turut penampilan­nya sejak pertama kali olahraga surfing dimainkan di Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Saat di To­kyo, langkahnya terhenti di babak 16 besar saat tampil di Tsuriga­saki Surfing Beach, Jepang.

Sementara itu, Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari juga mengungkapkan kegem­biraannya Indonesia menambah wakilnya di Olimpiade 2024 Paris. Ia pun berharap nanti atlet-atlet Indonesia mampu mengumandangkan Indonesia Raya di pergelaran olahraga terbesar dunia empat tahunan tersebut.

Baca juga : Mahfud Akan Gugat Ke MK, Yusril Sudah Siap Hadapi

“Merah Putih terus berki­bar tinggi. Sekarang tinggal menunggu Indonesia Raya ber­kumandang di Tahiti, Paris 2024. Terima kasih dan selamat berjuang terus untuk Rio Waida atlet surfing kebanggaan Indo­nesia,” ucap Okto.

Lolosnya Rio menambah jum­lah tiket Olimpiade 2024 Paris yang telah diraih Tim Indonesia menjadi tujuh. Sebelumnya, pa­nahan menempatkan dua wakilnya Arif Dwi Pangestu dan Di­ananda Choirunisa, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmad Adi Mulyono dari panjat tebing, Rifda Irfanaluthfi dari senam artistik, dan Fathur Gustafian dari menembak.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 4 Maret 2024 dengan judul Selancar Ombak, Rio Waida Raih Tiket Olimpiade

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.