Dark/Light Mode

Lolos Ke Perempat Final Liga Champions

The Gunners Akhiri Kutukan 14 Tahun

Kamis, 14 Maret 2024 06:40 WIB
Selebrasi pemain Arsenal usai menang adu penalti melawan FC Porto. (Foto: skysport)
Selebrasi pemain Arsenal usai menang adu penalti melawan FC Porto. (Foto: skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arsenal secara dramatis berhasil menyingkirkan tim tamu FC Porto melalui drama adu penalti 4-2 (agregat 1-1) di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates, dini hari kemarin.

Kemenangan ini mem­buat The Gunners alias Meriam London mengakhiri kutukan 14 tahun tidak pernah lolos ke perempat final.

Dalam 14 tahun terakhir, Arsenal seolah terkena kutukan selalu gagal di fase ini. Dalam periode tersebut, mereka tak pernah bisa menembus perem­pat final kompetisi paling elite di Benua Biru itu.

Terakhir kali Arsenal menapaki babak delapan besar adalah pada musim 2009/2010. Namun, langkahnya dihentikan Barcelona.

Baca juga : Alcaraz Sukses Balas Dendam

Di laga tersebut, Arsenal yang berstatus tuan rumah secara mengejutkan mendapatkan perlawanan yang sengit dari Porto. Padahal tim asuhan Mikel Arteta ini sangat membutuhkan ke­menangan, setelah kalah 0-1 pada leg pertama 16 besar Liga Champions.

Harapan penggemar Arsenal melihat timnya melaju ke tahap berikutnya mulai terbuka setelah Leandro Trossard mencetak gol di menit ke-41.

Trossard menjadi pemain ketiga yang mencetak gol di tiga pertandingan kandang perta­manya di Liga Champions untuk Arsenal, setelah Alexis Sánchez dan Bukayo Saka.

Skor 1-0 untuk keunggulan The Gunners tak berubah. Di babak kedua, Arsenal gagal menam­bah gol sehingga membuat laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu setelah agregat imbang 1-1. Dalam 2x15 menit tambahan waktu, tak ada gol yang tercipta. Wasit akhirnya menentukan pe­menang melalui adu penalti.

Baca juga : KPK Minta ImigrasiCekal 3 Orang Lagi

Petaka akhirnya datang untuk Porto pada drama adu penalti ini. Dari lima penen­dang, hanya dua yang berhasil menggetarkan gawang Arsenal. Sedangkan di leg pertama, saat pertandingan dihelat di Estadio do Dragao, Portugal, Porto unggul dengan skor yang sama 1-0. Gol diciptakan Galeno di menit-menit akhir.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta bertekad menghapus kutukan tersebut. Pelatih asal Spanyol itu menggalang kesolidan pengge­mar dan para pemainnya untuk meraih impian itu.

“Ini kesempatan indah untuk menjalani malam-malam ini, sudah 14 tahun berlalu. Jadi semua yang kami lakukan tidak akan sia-sia,” tutur Mikel Arteta di laman resmi Arsenal.

Arsenal punya modal untuk menggapai ambisinya tersebut. Saat ini mereka belum terka­lahkan dalam delapan pertand­ingan terakhir di Liga Inggris 2023/2024 dan menduduki pun­cak klasemen dengan koleksi 64 poin.

Baca juga : Hak Angket Dicurigai Cuma Alat Bargaining

Di duel ini, Arsenal unggul lewat gol Leandro Trossard di babak pertama. Skor 1-0 untuk Arsenal membuat laga harus dilanjutkan ke babak extra time karena agregat menjadi 1-1 usai Porto menang 1-0 di laga leg pertama.

Setelah tak ada gol dalam ba­bak extra time, Arsenal sukses memenangi babak adu penalti dengan skor 4-2. Keempat penen­dang mereka sukses, sedangkan Wendell dan Galeno dari kubu Porto gagal mencetak gol.

Kiper Arsenal David Raya terpilih menjadi pemain ter­baik dari pertandingan tersebut. Panelis UEFA memilih David Raya sebagai pemain terbaik dari laga ini. Raya memang be­randil besar dalam kemenangan Arsenal setelah menggagalkan dua penalti Porto.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 14 Maret 2024 dengan judul Lolos Ke Perempat Final Liga Champions, The Gunners Akhiri Kutukan 14 Tahun

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.