Dark/Light Mode

September, Stadion Utama PON XXI Sumatera Utara Ditarget Selesai

Jumat, 15 Maret 2024 21:43 WIB
Pembangunan stadion utama Sumatera Utara di Deli Serdang, terus dikerjakan.
Pembangunan stadion utama Sumatera Utara di Deli Serdang, terus dikerjakan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah padatnya agenda kunjungan kerja Presiden Jokowi di Sumatera Utara, Basuki Hadimuljono menyempatkan meninjau lapangan venue utama untuk persiapan PON XXI Aceh-Sumut yang akan digelar pada September tahun 2024. 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini melihat progres pembangunan Stadion Utama yang dibangun di atas lahan seluas 48.420 m2 dengan luas bangunan 27.452 m2 di Deli Serdang. Stadion utama ini dibangun melalui anggaran APBN.

“Stadion Utama ini dibangun untuk menyediakan sarana dan prasarana olahraga yang baik mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XXI di Aceh- Sumut,” kata Menteri Basuki Jumat (15/3).

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Warga Disabilitas

Stadion Utama ini terletak di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Pembangunan dilakukan sejak September 2023 dengan biaya Rp 587 miliar.

“Saat ini progres pembangunan sudah mencapai 31,63%. Ditargetkan selesai pada September 2024 agar dapat digunakan untuk PON XXI mendatang,” kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, Deva Kurniawan Rahmadi. 

Pekerjaan pembangunan Stadion Utama dilaksanakan oleh KSO PT Adhi Karya -PT PP- PT. Penta selaku kontraktor pelaksana dan PT Jaya CM dan PT. Ciriajasa KSO selaku manajemen konstruksi. 

Baca juga : Ketua CdM Anas : PON Aceh Sumut Harus Cetak Bibit Atlet Berprestasi

“Stadion ini terdiri dari 3 lantai dan lantai tribun dengan total kapasitas 25.750 penonton. Untuk penonton VIP 365 unit, media 224 unit, reguler 25.115 unit, dan difabel 46 unit,” ujar Deva

Lingkup kegiatan pekerjaannya meliputi pekerjaan persiapan, sistem manajemen K2, gedung stadion, individual seat, pekerjaan signage, pekerjaan turnstile, pekerjaan field of play (FOP), pekerjaan infrastruktur, pekerjaan luar, pagar keliling site, pekerjaan utilitas luar, gardu PLN, penyambungan PLN, serta penyambungan air dan telepon.

“Sampai saat ini telah dilakukan pekerjaan bore pile, struktur bawah (pilecap dan tiebeam), struktur bawah (kolom lantai 1), FOP, dinding penahan tanah dan saluran, serta fabrikasi precast,” kata Deva.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.