Dark/Light Mode

Rasis, PSSI Italia Selidiki Pemain Inter Milan Acerbi

Selasa, 19 Maret 2024 13:26 WIB
Francesco Acerbi. (Foto : Ist)
Francesco Acerbi. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Federasi Sepakbola Italia angkat suara soal tindakan rasis yang dilakukan bek Inter Milan, Francesco  Acerbi kepada pemain Napoli, Juan Jesus. .

Acerbi diduga mengejek Juan Jesus dengan sindiran rasial saat Inter Milan menjamu Napoli dalam laga Serie A Liga Italia 2023/2024 di San Siro, Senin (18/3/2024) dini hari WIB. Laga sendiri berakhir 1-1.

Melansir Mirror, Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mendapat laporan bahwa Acerbi membantah mengejek Jesus. Namun sang pemain memutuskan untuk meninggalkan skuad Timnas Italia, untuk dua pertandingan persahabatan di Amerika Serikat melawan Venezuela dan Ekuador, 22 dan 25 Maret 2024 mendatang.

Francesco Acerbi, yang datang ke kamp pelatihan di Roma pagi ini, menjelaskan kepada pelatih, Luciano Spalletti, dan rekan setimnya, versi dia soal dugaan sikap rasis yang dilaporkan Juan Jesus dalam laga Inter vs Napoli, seperti yang diharuskan dalam kebijakan Timnas Italia,” tulis pernyaaan FIGC.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Inter Milan Imbang, AC Milan-AS Roma Menang

“Dari laporan bek Nerazzurri, sambil menunggu apa yang sebenarnya terjadi sesuai otonomi keadilan olahraga, terungkap tak ada niat untuk memfitnah, merendahkan, atau bersikap rasis darinya,” lanjutnya.

“Namun, disepakati bahwa Acerbi harus dikeluarkan dari skuad untuk dua pertandingan persahabatan yang dijadwalkan di Amerika Serikat, agar masalah selesai untuk tim nasional dan pemain sendiri, yang akan kembali ke klub hari ini. Hasilnya, bek Roma Gianluca Mancini, yang sudah masuk dalam daftar skuad cadangan, dipanggil,” jelas FIGC.

Inter Milan sendiri sudah merespons pernyataan FIGC. Klub akan memanggil Acerbi untuk menginvestigasi secara internal.

“FC Internazionale Milano memperhatikan pernyataan resmi yang dikeluarkan FIGC, sehubungan dengan kejadian yang melibatkan Francesco Acerbi dalam pertandingan melawan Napoli tadi malam, dan fakta bahwa FIGC dan Acerbi telah sepakat bahwa sang pemain tidak akan terlibat dalam dua pertandingan internasional tim nasional berikutnya, yang dijadwalkan di Amerika Serikat,” tulis pernyaataan Inter Milan.

Baca juga : Seruduk Pemain, Pelatih Lecce Dipecat

“FC Internazionale Milano akan bertemu dengan sang pemain sesegera mungkin untuk menjelaskan rincian pasti tentang apa yang terjadi tadi malam,” jelas Inter Milan.

Laporan dugaan rasis ini dilaporkan Juan Jesus kepada wasit dalam laga Inter Milan vs Napoli. Bek Brasil itu tertangkap kamera melaporkan Acerbi telah mengejek warna kulitnya.

Juan Jesus sedianya sudah memaafkan Acerbi. Bek Italia itu disebut langsung meminta maaf kepadanya usai laga.

“Apa yang terjadi di lapangan, tetap di sana. Dia meminta maaf dan kami bisa melupakannya. Ketika wasit meniup peluit, itu semua sudah berlalu,” kata Juan Jesus.

Baca juga : Hasil Seleksi Petugas Haji Sudah Diumumkan, Peserta Silakan Cek Akun

“Saya tahu Acerbi pemain yang baik, dan dia meminta maaf sebab dia menyadari sedikit kelewatan soal kata-katanya. Dia pemain cerdas, jadi saya harap dia bisa belajar dari ini dan tidak melakukannya lagi,” kata Juan Jesus, bek 32 tahun itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.