Dark/Light Mode

Luciano Spalletti Pede Racikannya Bakal Sukses Di Piala Eropa 2024

Jumat, 22 Maret 2024 14:07 WIB
Para pemain timnas Italia. (Foto : ist)
Para pemain timnas Italia. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Luciano Spalletti meyakini strategi yang diterapkannya cocok dengan gaya Italia demi menunjang penampilan di pentas Piala Eropa 2024.

Timnas Italia sukses mengalahkan Timnas Venezuela dengan skor tipis 2-1 dalam laga persahabatan yang digelar di Chase Stadium, Fort Lauderdale, Florida, Jumat (22/3/2024) dini hari WIB.

Gol Italia lewat Mateo Retegui di menit ke-41 dan di menit ke-81. Satu gol Venezuela ke gawang Italia yang dijaga Gianluigi Donnarumma dicetak oleh Darwin Machis di menit ke-43.

Laga kontra Venezuela adalah laga ke-7 Italia bersama pelatih Luciano Spalletti. Kemenangan atas Venezuela merupakan kemenangan ke-4 mereka bersama sang mantan pelatih Napoli.

Dalam tujuh laga bersama Spalletti sejauh ini, enam di antaranya di ajang Kualifikasi Euro 2024, Italia menang empat kali dan mencetak total 15 gol.

Dalam tujuh laga bersama Spalletti, Italia cuma kalah sekali. Kekalahan itu mereka alami di Kualifikasi Euro 2024, yakni saat melawan tuan rumah Inggris.

Baca juga : Raih Suara Terbanyak, Banteng Cetak Hattrick Di Pileg 2024

Waktu itu, Italia sempat unggul lewat gol Gianluca Scamacca menit ke-15, tapi akhirnya kalah.

Italia kemudian kebobolan tiga gol di menit ke-32 (Harry Kane-penalti), menit ke-57 (Marcus Rashford), dan menit ke-77 (Harry Kane). Dalam laga di Wembley itu, Italia meyerah 1-3.

Italia racikan Spalletti sejauh ini baru mencatatkan dua clean sheet. Dua clean sheet itu diraih ketika menang 4-0 atas Malta dan seri 0-0 lawan Ukraina. Total delapan gol yang sudah bersarang di gawang mereka.

Berikutnya, Italia akan beruji coba melawan Ekuador. Laga mereka akan digelar di Red Bull Arena, New Jersey, Amerika Serikat (25/3/2024).

Pelatih Timnas Italia, Luciano Spalletti menilai penampilan anak asuhnya saat melawan Timnas Venezuela masih memiliki banyak kekurangan. Namun, terlepas itu ia juga memuji performa ciamik yang ditunjukkan oleh Mateo Retegui.

Spalletti memulai dengan sistem 3-4-2-1, namun beralih ke formasi klasik 4-3-3 dalam 15 menit terakhir, ketika Italia tampil lebih meyakinkan dan menciptakan lebih banyak peluang untuk mencetak gol.

Baca juga : Top, Bank DKI Sabet Penghargaan Best BUMD Award 2024

“Saya pikir kami melakukan beberapa hal yang bagus, tapi terkadang kami lembek,” kata Spalletti.

“Ketika kami melakukan kesalahan seperti yang berujung pada tendangan penalti, berbicara tentang sistem tidak ada gunanya. Performa kami bagus dengan tiga pemain belakang dan formasi 4-3-3,” tuturnya.

Donnarumma tampil impresif di laga ini seperti Retegui saat ia menggagalkan tendangan penalti di menit ketiga dan melakukan penyelamatan gemilang di babak kedua untuk menggagalkan peluang Jhonder Cadi.

Jadi, apakah ini bukan sebuah kebetulan bahwa Italia tampil lebih meyakinkan dalam 15 menit terakhir dengan empat pemain bertahan?

“Tidak ada yang kami lakukan adalah sebuah kebetulan untuk cara kami bekerja. Kami bekerja untuk memberikan arahan dan ide kepada tim,” jawab sang pelatih.

“Tentu saja, dalam hal kekuatan dan dampak fisik, kami harus memberikan sesuatu yang lebih karena terkadang kami dangkal,” katanya.

Baca juga : Puspenpol: Gibran Effect Penentu Kemenangan Prabowo Di Pilpres 2024

“Terlepas dari sistemnya. Pertama-tama, kami harus memperbaiki hal ini. Ini adalah titik awal. Kemudian kita bisa membicarakan hal lainnya,” lanjutnya.

Bintang Genoa, Retegui, kini telah mencetak empat gol dari lima penampilannya bersama Timnas Italia. Spalletti mengakui kualitas pemain yang mempunyai darah Argentina ini.

“Siapa yang mencetak gol selalu memberikan sesuatu yang lebih dari yang lain,” ujar Spalletti.

“Dia membantu tim dengan menahan bola, dia kuat dalam sundulan, dia pemain yang mengandalkan fisik. Dia melakukan apa yang seharusnya dia lakukan,” katanya.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.