Dark/Light Mode

Jelang Leg Kedua Indonesia Vs Vietnam

Diserang Virus, Tim Garuda Tetap Pede

Senin, 25 Maret 2024 06:40 WIB
Timnas Indonesia saat latihan di Hanoi. (Foto: Istimewa)
Timnas Indonesia saat latihan di Hanoi. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar buruk datang dari Timnas Indonesia jelang menghadapi Vietnam di laga kedua lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadiin My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024), besok. Beberapa pe­main sedang sakit dengan kondisi cukup parah.

Hal itu diungkapkan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) seperti dikutip dari akun Instagram Timnas Indone­sia, kemarin. Tim Merah Putih saat ini sudah berada di Hanoi untuk menjalani laga melawan Vietnam. Setibanya di Hanoi, Skuad Garuda langsung men­jalani sesi latihan.

Timnas menggelar latihan di lapangan latihan komplek Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Sabtu (23/03 /2024). Latihan ber­jalan sekitar satu jam setengah mu­lai dari pukul 18.30 hingga 20.00 waktu setempat. Latihan timnas hanya bersifat pemulihan untuk kemudian pada hari Minggu, in­tensitas latihan akan ditingkatkan. Shin menjelaskan, pada latihan perdananya ini difokuskan untuk pemulihan. Baru setelah itu dia akan menempa Egy Maulana cs latihan taktikal untuk melawan Vietnam.

“Hari ini hanya pemulihan, jadi bakan melihat kondisi pe­main besok. Nanti akan dilihat kondisnya sedikit demi sedikit, lalu akan diterapkan latihan tak­tikalnya seperti apa,” kata STY.

Baca juga : Lanny/Ribka Sukses Bawa Gelar Perdana

Tapi Shin juga memberi kabar tidak sedap. Eks pelatih Timnas Korea Selatan ini menjelaskan ka­lau kondisi skuadnya cukup buruk lantaran ada beberapa pemainnya yang tidak dalam kondisi fit. “Kondisi pemain tidak begitu baik. Ada beberapa pemain yang kondisinya cukup parah, entah itu virus apa, lagi ramai juga di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, STY menyampai­kan cedera yang dialami Nadeo Argawinata cukup parah sehingga membuatnya memanggil Ernando Ari. Kemudian juga Sandy Walsh dipastikan absen lawan Vietnam karena akumulasi kartu.

“Nadeo menderita cedera yang lumayan parah jadinya ti­dak dibawa. Dia (Nadeo) diganti oleh Ernando. Kedua, Marc Klok juga cedera jadi juga tidak dibawa. Terakhir Sandy Walsh mendapatkan akumulasi kartu kuning,” tutur Shin.

Duel ini sangat penting untuk kedua kesebelasan. The Golden Stars maupun Tim Garuda sangat membutuhkan kemenangan untuk menjaga asa lolos ke putaran ke­tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Saat ini, Indonesia saat ini sedang duduk di peringkat kedua dengan meraup empat poin. Sedangkan Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin. Posisi pertama masih kokoh di pegang Irak.

Baca juga : Dua Hakim Agung Diminta Hadiri Pemeriksaan

Sementara itu, pemain Tim­nas Indonesia Witan Sulaeman mengaku siap menujukkan per­forma terbaik saat melawan Viet­nam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3) mendatang. Witan pada pertemuan pertama turut membintangi kemenangan 1-0 Garuda dengan tampil penuh.

“Siapa pun pemainnya, pasti akan memberikan yang terbaik,” kata pemain Bhayangkara Pre­sisi Indonesia FC ini.

“Pastinya cukup melelahkan karena perjalanan jauh. Tapi, saat ini, kami hanya recovery training dan semua pemain menikmatinya,” ujar Witan.

Di kubu Vietnam, kiper andalan mereka Filip Nguyen mengatakan akan tampil agresif dan bisa mem­buat Vietnam memetik kemenang­an. “Pertama-tama yang perlu diperbaiki tim adalah mencetak gol ke gawang lawan, karena saya me­lihat statistik tim tidak mencetak gol satu kali pun di Gelora Bung Karno,” kata Filip Nguyen.

Baca juga : Qodari Ungkap Skema Presiden Pasca Jokowi: Prabowo 2 Periode, Gibran 2 Periode

Selain penyelesaian akhir, kiper berusia 31 tahun itu menilai Viet­nam harus bisa bermain lebih agresif. Filip Nguyen mengatakan kemenangan atas Timnas Indonesia di Hanoi bisa mendongkrak posisi The Golden Stars ke posisi kedua.

“Seluruh tim juga harus ber­main lebih agresif. Kalau menang di pertandingan berikutnya, kami akan memiliki dua poin lebih banyak dari mereka (Timnas Indonesia),” pungkasnya.

Sejauh ini Timnas Indonesia masih diselimuti rapor merah selama bermain di Stadion My Dinh. Pasalnya dalam 20 tahun, Skuad Garuda tak pernah meraih kemenangan. Terakhir kali, Tim­nas Indonesia menang 3-0 atas Vietnam di Tiger Cup atau Piala AFF 2004. Dengan kata lain, ini bukan pekerjaan yang mu­dah buat Shin Tae-yong untuk membawa pulang tiga poin dari markas The Golden Stars. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 25 Maret 2024 dengan judul Jelang Leg Kedua Indonesia Vs Vietnam, Diserang Virus, Tim Garuda Tetap Pede

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.