Dark/Light Mode

KPSN Tak Mendukung Caketum PSSI Mana Pun

Jumat, 1 November 2019 21:48 WIB
Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono. (Foto: Istimewa)
Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) menjaga jarak yang sama dengan semua calon Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang akan dipilih dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Sabtu (2/11) di Hotel Shangri-La, Jakarta.

"KPSN tidak ada urusan dengan soal dukung-mendukung calon tertentu. Siapa pun boleh mengklaim didukung KPSN, itu hak mereka. Tapi faktanya KPSN tidak mendukung siapa-siapa," ujar Ketua KPSN Suhendra Hadikuntono di Jakarta, Jumat (1/11).

Baca juga : Jadi Caketum, Aven Hinelo Imbau PSSI Tak Jauhi Pemerintah

KPSN, kata Suhendra, hanya menawarkan nilai-nilai yang bisa diusung siapa pun dalam KLB, yakni bersih, transparan, demokratis dan akuntabel. "Ini filosofi dasar KPSN," jelasnya.

KPSN selama ini memang sebagai inisiator pemberantasan match fixing atau skandal pengaturan skor yang berhasil mengantarkan 17 tersangka ke penjara.

Baca juga : Banding Dikabulkan, Calon Ketum PSSI Jadi 11 Orang

KPSN juga dikonotasikan sebagai pendorong mundurnya Edy Rahmayadi dari jabatan Ketum PSSI. Sebab itu, KPSN menjadi semacam momok bagi yang pro status quo di PSSI.

Di pihak lain, KPSN menjadi "rebutan" pihak-pihak yang hendak melakukan perlawanan terhadap hegemoni PSSI, minimal sebagai legitimasi moral. Tak heran bila menjelang KLB PSSI banyak caketum mengklaim didukung KPSN. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.