Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Cetak Sejarah Kembali Menang Di Vietnam, Erick: Timnas Harus Tetap Fokus

Selasa, 26 Maret 2024 22:44 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengaku bangga dengan perjuangan timnas Indonesia. Rizky Ridho Cs tampil spartan saat melumat Vietnam dengan skor 3-0 melalui gol dari Jay Idzes pada menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta menit 98 pada pertandingan keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

"Alhamdulillah, kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi," ujar Erick, Selasa (26/3/2024).

Menurutnya, kemenangan ini bukan sekadar tiga poin semata. Erick bilang, ini adalah kemenangan bersejarah, lantaran timnas Indonesia sudah paceklik meraih poin penuh saat bertandang ke Vietnam, selama hampir 20 tahun.

Baca juga : Besok Lawan Vietnam, Witan Siap Unjuk Diri

"Terakhir, kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan yang meningkat signifikan, baik dari sisi kualitas ataupun mental bertanding," ucap Erick.

Dia pun memuji mental bertarung para penggawa Garuda, yang tak gentar bermain di kandang lawan. Namun, Erick mengingatkan, perjuangan Indonesia belum selesai.

“Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni, supaya bisa lolos ke babak berikutnya” ujar Erick.

Baca juga : Indonesia Sukses Kalahkan Vietnam Di Kandang, Erick: Jaga Terus Peluang Lolos

Kemenangan ini membuka peluang besar bagi timnas untuk lolos ke putaran 3 Pra Piala Dunia 2026 Zona AFC, dan otomatis tampil di AFC Asian Cup 2027 tanpa melalui kualifikasi.

Tim Merah Putih kini berada di peringkat kedua dengan tujuh poin atau unggul empat poin dari Vietnam. Atas hasil ini, timnas cukup meraih satu kemenangan dari dua laga terakhir, saat menjamu Irak dan Filipina di Jakarta.

"Masih ada dua laga terakhir, laga hidup mati untuk kita bisa lolos. Tetap fokus untuk kembali meraih hasil terbaik di dua laga berikutnya," tutur Erick.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.