Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

KLB PSSI, Menpora Tegaskan Pemerintah Netral

Sabtu, 2 November 2019 20:15 WIB
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat membuka KLB PSSI bersama para tokoh olahraga. (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali (tengah) saat membuka KLB PSSI bersama para tokoh olahraga. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali menegaskan tidak memihak alias netral dalam Kongres PSSI yang telah memilih M Iriawan sebagai Ketua Umum.

Ketegasan itu dijelaskan menyusul beredarnya foto Zainudin Amali dengan salah satu calon. "Beredar foto saya dengan salah satu calon, seolah hanya satu yang datang berbicara dengan saya. Itu tidak benar, ada empat yang datang dan ada juga para pemain tahun 70-an, semua masukan kita dengar," kata Zainudin Amali.

Baca juga : KPK Perpanjang Masa Penahanan Emirsyah Satar

Sebelumnya, Zainudin Amali didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto bersama Ketum KONI Marciano Norman, Ketum KOI Raja Sapta Oktohari, Ketua Kehormatan PSSI Agum Gumelar, Plt Ketum PSSI Iwan Budianto dan Sekjen Ratu Tisha Destria, membuka Kongres Luar Biasa (Extraordinary Election Congress) PSSI, di Ballroom Hotel Shangri-La Jakarta Pusat, Sabtu (2/11) pagi.

Menpora menegaskan pemerintah netral, tidak berpihak kepada salah satu calon. Bahkan jika cabor bermasalah, selesaikan di internal.

Baca juga : Menpora Minta HMI Mengembangkan Jiwa Wirausaha

"Saya tegaskan pemerintah tidak akan campur tangan bila ada permasalahan internal cabor. Kemandirian cabor saatnya diberikan, bila tidak selesai libatkan KONI dan KOI, bila tidak selesai juga baru pemerintah. Jangan dibalik setiap ada masalah pemerintah campur tangan. Soal PSSI, jika FIFA oke pemerintah oke, jika FIFA tidak oke maka pemerintah tidak oke," tegas Menpora.

KLB kali ini diikuti oleh 86 voters dari Asprov dan klub dengan agenda utama untuk memilih Ketum, Waketum, dan Anggota Komite Eksekutif yang diharapkan mampu menjawab berbagai permasalahan yang terjadi, serta mempersiapkan gawe besar Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Hadir, perwakilan FIFA dan AFC yang memantau jalannya KLB. 

Baca juga : Jokowi Ingin KLB PSSI Lahirkan Ketum Berintegritas

M Iriawan alias Iwan Bule terpilih menjadi Ketua Umum PSSI untuk periode 2019-2023. Dia meraih 82 suara dari total 85 voters. Sisanya, 3 abstain. Satu voters lagi tidak ikut election (Persis). [IPL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.